Tentang Stasiun Gambir


Stasiun Gambir merupakan stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Stasiun ini terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No.19-27 (Silang Merdeka Tenggara), Jakarta Pusat. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an dengan nama Stasiun Koningsplen dan mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an. Stasiun Gambir beroperasi selama 24 jam dan melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan kota lainnya.

Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Para porter tersebut memakai seragam berwarna merah dengan tulisan “Gambir” sebagai tanda porter resmi di Stasiun Gambir. Selain itu, Stasiun ini menyediakan stand penitipan barang dan penukaran mata uang bagi penumpang. Penumpang juga tidak perlu khawatir mengenai angkutan umum karena tersedia loket pemesanan taksi perusahaan Blue Bird Grup di pintu keluar. Fasilitas lainnya yaitu tersedianya bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Dan untuk memastikan keamanan stasiun, para petugas keamanan selalu siap siaga, baik di loket maupun di peron. Hal ini dilakukan untuk menjamin para penumpang dari tindakan kriminal.Stasiun ini berdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama terdapat Aula Utama, loket, toko, mesin ATM, serta beberapa restoran cepat saji seperti CFC, dan lainnya. Tingkat kedua merupakan ruang tunggu dengan beberapa restoran dan kafetaria, sedangkan peron berada pada tingkat ketiga.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Gambir

Argo Dwipangga Gambir to Solobalapan, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 390.000,00 Book Now
Argo Sindoro Gambir to Semarangtawang, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 325.000,00 Book Now
Argo Muria Gambir to Semarangtawang, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 325.000,00 Book Now
Argo Jati Gambir to Cirebon, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 220.000,00 Book Now
Argo Parahyangan Gambir to Bandung, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 110.000,00 Book Now
Gajayana Gambir to Purwokerto, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 395.000,00 Book Now
Bima Gambir to Yogyakarta, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 480.000,00 Book Now
Sembrani Gambir to Tegal, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 395.000,00 Book Now
Taksaka Pagi Gambir to Yogyakarta, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 370.000,00 Book Now
Taksaka Malam Gambir to Ciledug, Schedule date : 12 Dec 2014) start from IDR 300.000,00 Book Now
Bangunkarta Gambir to Pekalongan, Schedule date : 23 Nov 2014) start from IDR 420.000,00 Book Now
Cirebon Ekspres Gambir to Arjawinangun, Schedule date : 25 Nov 2014) start from IDR 200.000,00 Book Now
Cirebon Ekspress Fakultatif Gambir to Jatibarang, Schedule date : 30 Nov 2014) start from IDR 200.000,00 Book Now
Argo Parahyangan Tambahan Gambir to Bandung, Schedule date : 24 Nov 2014) start from IDR 110.000,00 Book Now
Argo Lawu Gambir to Cirebon, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 235.000,00 Book Now
Purwojaya Gambir to Cilacap, Schedule date : 21 Nov 2014) start from IDR 300.000,00 Book Now

Objek Wisata Stasiun Gambir

stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, , stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir, stasiun gambir

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Ckeckout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakan lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan. Untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api, simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakkan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Gambir


Metro TV News

Kabin Menyusui di Stasiun KA Gagasan Mahasiswa UI
Metro TV News
... dasarnya kami mendukung, karena sebenarnya kamar laktasi ini juga tidak hanya di stasiun Kota, di stasiun Senen dan Gambir juga ada," kata Kepala Humas Daop I PT KAI, Agus Komarudin saat berbincang dengan metrotvnews.com, Rabu (19/11/2014).

and more »

ANTARA

Stasiun Tanjung Priok fokus kereta barang
ANTARA
Kendati demikian, loket-loket untuk memesan tiket KA penumpang segala jurusan masih disediakan, baik kelas ekonomi yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, maupun kelas eksekutif yang berangkat dari Stasiun Gambir. Editor: Jafar M Sidik.

and more »

Tribunnews

PMII Gelar Aksi Teaterikal Meniru Jokowi dan Megawati
Tribunnews
Mereka mulai berjalan melakukan aksi tersebut dari samping sisi selatan Stasiun Gambir. Nursdiki (18) pria yang berperan sebagai presiden mengatakan aksi teaterikal itu sebagai simbol bahwa penindasan pemerintah terhadap rakyatnya atas kebijakan ...


Okezone

Harga BBM Naik, Tarif Ojek Melambung Hingga Rp5.000
Okezone
"Iya, tadi naik ojek dari stasiun Gondangdia ke gambir biasanya cuma Rp10.000 eh jadi Rp15.000, mahal banget," papar satu pegawai yang bekerja di sekitar Monumen Nasional, Dini, menjelaskan kepada Okezone saat ditemui Okezone di Gambir, Jakarta, ...

and more »

Ruang Menyusui di Stasiun, Apa Saja Kelebihannya?
VIVA.co.id
Kepala Hubungan Masyarakat DAOP 1, Agus Komarudin, menuturkan beberapa stasiun yang sudah dilengkapi ruang menyusui itu di antaranya Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jatinegara, Manggarai, Tanah Abang, Jakarta Kota, dan Bekasi. "Kami sudah ...


KOMPAS.com

Mulai Sering Hujan, Pengendara Perlu Perhatikan Hal ini
KOMPAS.com
Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya, mengakibatkan Jalan Medan Merdeka Timur, di depan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2014), terendam banjir. Banjir juga terjadi di Jalan Medan Merdeka Utara, di depan Istana Merdeka.

and more »

ANTARA

Pesta Rakyat Jokowi Sedot 770 Ribu Penumpang KCJ
JPNN.com
Saat itu, lanjut Tri, jumlah penumpang yang datang ke Stasiun Juanda maupun Gambir meningkat hingga tiga kali lipat. "Semua orang ngantre dari pagi sampai jam 12 malam. Tentu kita berharap akan selalu ada peningkatan jumlah penumpang," seru pria ...
Lebarkan Sayap KRL Jabodetabek, KAI Gaet Empat Bank BesarMetro TV News
Tambah Pelayanan, PT KAI Gandeng 4 BankBeritaSatu
Penumpang kereta melonjak 3 kali lipat saat pelantikan Jokowimerdeka.com
Liputan6.com -Detikcom -Inilah.com
all 39 news articles »

Tribunnews

Menteri Jonan Nobatkan 34 Duta Cilik Keselamatan Jalan Nasional
Tribunnews
Dirut PT KAI Ignatius Jonan dan istri saat menghadiri santunan anak yatim di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis(18/9/2014). Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Patutie. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 34 anak dari seluruh ...


Tribunnews

JK Beri Sinyal Soal Kenaikan Harga BBM
Tribunnews
NAIK SEBELUM 2015 - Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (31/10). Menteri Keuangan, Bambang ...

and more »

BeritaSatu

Penumpang KM Kelud Keluhkan Pengangkut Barang dan Calo Tiket
BeritaSatu
Menyelesaikan masalah calo, kami mau pakai waktu KAI menghilangkan calo di Stasiun Gambir, yaitu menggunakan sistem ticketing melalui sistem online, baik melalui website maupun Indomart. Kami akan perbaiki sistem ticketing Pelni. Mudah-mudahan ...

and more »

Transportasi ke Stasiun Gambir

Untuk transportasi menuju stasiun gambir dapat menggunakan taksi, angkutan umum atau bisa juga menggunakan KRL commuterline jurusan jabodetabek dengan biaya Rp.8000,-.

Nearby Attractions Stasiun Gambir

Musro

Musro

< 1 Km

Musro is the eldest night club in Jakarta. Opened in 1983, and re-opened in 2007, Musro gives you all…

Grand Manhattan Club

Grand Manhattan Club

< 1 Km

Grand Manhattan Club is one-stop entertainment that located at Hotel Borobudur, Central Jakarta. Grand…

Ikan Bakar Baruna

Ikan Bakar Baruna

< 1 Km

Ikan Bakar Baruna is shady, green, and wide restaurant, occupied 6500 meter square of land at Kebon…