+62 21 2963 3600 (24/7) View Booking
Tiket Point


Tentang Stasiun Gambir


Stasiun Gambir merupakan stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Stasiun ini terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No.19-27 (Silang Merdeka Tenggara), Jakarta Pusat. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an dengan nama Stasiun Koningsplen dan mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an. Stasiun Gambir beroperasi selama 24 jam dan melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan kota lainnya.

Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Para porter tersebut memakai seragam berwarna merah dengan tulisan “Gambir” sebagai tanda porter resmi di Stasiun Gambir. Selain itu, Stasiun ini menyediakan stand penitipan barang dan penukaran mata uang bagi penumpang. Penumpang juga tidak perlu khawatir mengenai angkutan umum karena tersedia loket pemesanan taksi perusahaan Blue Bird Grup di pintu keluar. Fasilitas lainnya yaitu tersedianya bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Dan untuk memastikan keamanan stasiun, para petugas keamanan selalu siap siaga, baik di loket maupun di peron. Hal ini dilakukan untuk menjamin para penumpang dari tindakan kriminal.Stasiun ini berdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama terdapat Aula Utama, loket, toko, mesin ATM, serta beberapa restoran cepat saji seperti CFC, dan lainnya. Tingkat kedua merupakan ruang tunggu dengan beberapa restoran dan kafetaria, sedangkan peron berada pada tingkat ketiga.







Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Ckeckout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakan lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.



Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan. Untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api, simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakkan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.



Nearby Attractions Stasiun Gambir