Tentang Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota (kode: JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur. Keberadaannya pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial. Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan.

Seperti halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut di Surabaya yang merupakan cagar budaya, namun terjadi renovasi yang dinilai kontroversial. Di stasiun ini terdapat peron yang cukup besar, WC umum, dan mini market, untuk kenyamanan penumpang. Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Walau masih berfungsi, di sana-sini terlihat sudut-sudut yang kurang terawat. Keberadaannya pun mulai terusik dengan adanya kabar mau dibangun mal di atas bangunan stasiun. Demikian pula kebersihannya yang kurang terawat, sampah berserakan di rel-rel kereta. Selain itu, banyak orang yang tinggal di samping kiri kanan rel di dekat stasiun mengurangi nilai estetika stasiun kebanggaan ini. Pihak KA sendiri seolah-olah tidak memperhatikan hal ini.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Jakarta Kota

Gaya Baru Malam Jakarta Kota to Jombang, Schedule date : 08 Jun 2014) from IDR 55.000,00 book Now
Serayu Pagi Jakarta Kota to Purwokerto, Schedule date : 29 Apr 2014) from IDR 35.000,00 book Now
Serayu Malam Jakarta Kota to Cibatu, Schedule date : 07 Jun 2014) from IDR 35.000,00 book Now
Tegal Arum Jakarta Kota to Tegal, Schedule date : 17 Apr 2014) from IDR 25.000,00 book Now
Argo Jati Jakarta Kota to Cirebon, Schedule date : 17 Apr 2014) from IDR 165.000,00 book Now
Argo Parahyangan Jakarta Kota to Bandung, Schedule date : 17 Apr 2014) from IDR 110.000,00 book Now
Gumarang Jakarta Kota to Pemalang, Schedule date : 16 Jun 2014) from IDR 320.000,00 book Now
Argo Parahyangan Tambahan Jakarta Kota to Bandung, Schedule date : 18 Apr 2014) from IDR 110.000,00 book Now

Objek Wisata Stasiun Jakarta Kota

, , , , , stasiun jakarta kota

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel, agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan. Untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api, simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Jakarta Kota


KOMPAS.com

KRL dari Jatinegara dan Jakarta Kota Arah Bogor Tertahan
KOMPAS.com
DEPOK, KOMPAS.com — Kerusakan pantograf KRL jurusan Bogor di Stasiun UI mengganggu jadwal kereta hari ini. Hingga pukul 09.18, kereta yang berasal Jakarta Kota dan Jatinegara belum tiba di Stasiun Bogor dan Depok. Sebaliknya, KRL jurusan ...
Gangguan Pantograf, Perjalanan KRL Bogor-Jakarta TerhambatLiputan6.com
Gangguan Listrik di Stasiun UI, KRL MogokJPNN.com
Ratusan penumpang menumpuk di Stasiun BogorANTARA
Gatra -Tempo.co -Detikcom
all 47 news articles »

ANTARA

Jakarta miliki potensi jadi kota global
ANTARA
Konstruksi proyek MRT itu mulai dilakukan pembangunan dinding penahan, penggalian tanah serta pembangunan stasiun bawah tanah di Kawasan Bunderan HI. Proyek pembangunan transportasi massal tersebut ... Jakarta (ANTARA News) - Salah satu perusahaan ...
Jakarta Raih Peringkat Pertama Kota di Negara BerkembangTempo.co

all 10 news articles »

Harian Analisa

Rumah Sinyal, Bangunan Cagar Budaya di Stasiun Kota Menjelang 'Ajal'
Detikcom
Jakarta - Rumah sinyal di kawasan Stasiun Kota, Jakarta Pusat menjelang 'ajal'. Pihak Kereta Api Indonesia (KAI) berencana membongkar bangunan yang berdiri di era kolonial Belanda. Ada kebutuhan mendesak untuk perluasan peron bagi penumpang.
PT KAI Masih Pertimbangkan Bongkar Cagar Budaya Rumah Sinyal di Stasiun ...Harian Analisa
Rumah Sinyal Cagar Budaya Bakal DibongkarTempo.co

all 7 news articles »

KOMPAS.com

Wisata ke Kota Tua? Naik Saja Ojek Sepeda Ontel
KOMPAS.com
Sementara rute perjalanan hanya sekitar kawasan Kota Tua saja. "Justru biasanya yang rame malem sama pagi, banyak yang make jasa kita pada ke Pasar Angke berbelanja. Ada juga pegawai yang abis pulang kerja dari Stasiun (Stasiun Kereta Jakarta ...


Nyopet HP di Kereta, Rezki Babak Belur Digebukin Penumpang
Okezone
JAKARTA - Nasib apes menimpa Rezki Ferdiansyah (27), berniat mencopet sebuah telefon genggam merek Samsung milik Vinnie Oktavia di atas KRL Commuterline jurusan Bekasi-Kota, dirinya malah babak belur dihajar puluhan penumpang di Stasiun ...

and more »

Pedagang Durian di Trotoar Jalan Raya Pasar Minggu Akan Dipindah
Poskotanews
PASAR MINGGU (Pos Kota) – Mengganggu kenyamanan pejalan kaki, puluhan pedagang durian yang berjualan di trotoar Jl Raya Pasar Minggu akan ditertibkan jajaran Kelurahan Pejaten Barat, dan Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Mereka rencananya direlokasi ke ...


PT KAI Ingatkan Ada Diskon Khusus Penumpang Rombongan
KOMPAS.com
Kebijakan rombongan sudah lama, cuma ini kita refresh lagi dengan memasang spanduk di depan pintu Stasiun Jakarta Kota supaya masyarakat terinformasi," ucap Junior Manajer Pemasaran PT KAI Listiono, Kamis (27/3/2014). Ia menjelaskan, pemberian ...

and more »

Suara 'Roker' Soal Rencana Pembongkaran Cagar Budaya Rumah Sinyal di ...
Detikcom
Jakarta - Rombongan kereta atau biasa disebut roker punya pandangan beragam soal nasib rumah sinyal di Stasiun Kota, Jakarta. Ada yang setuju dibongkar ada juga yang menyayangkan. Namun sebaiknya jalan tengah diambil, rumah sinyal tetap berdiri ...


Asosiasi PCNG Jatim support Pemerintah sosialisasikan bahan bakar gas
LensaIndonesia.com
Jumlah CNG Station atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBBG) oleh anggaran Pemerintah maupun PT. Pertamina (Persero) ... Menindak lanjuti eksebisi international yang sukses digelar di Jakarta bulan Februari lalu, hari ini APCNGI Wilayah Jawa Timur ...

and more »

Tempo.co

Pertagas Niaga Incar 35 Ribu Konsumen Rumah Tangga
Tempo.co
... 35 Ribu Konsumen Rumah Tangga. Pertagas Niaga Incar 35 Ribu Konsumen Rumah Tangga. Petugas memeriksa pipa gas di Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegalgede, Bekasi, Jawa Barat (20/2). ... Selain itu juga pengembangan pelanggan di tiga kota yang sudah ...

and more »

Transportasi ke Stasiun Jakarta Kota

Untuk transportasi menuju Stasiun Jakarta Kota dapat menggunakan taksi, TransJakarta dengan tarif 3500 rupiah atau angkutan umum dengan tarif 2500 rupiah.

Nearby Attractions Stasiun Jakarta Kota

Cafe Batavia

Cafe Batavia

< 1 Km

Café Batavia is an exclusive restaurant occupying an old colonial building. Not only the building,…

Golden Crown

Golden Crown

< 1 Km

If you're in West Jakarta area and want to enjoy a complete nightlife and dreat entertainments,…

Kafe Museum

Kafe Museum

< 1 Km

Kafe Museum is probably the only place to eat or a cafe in Jakarta that offers a distinctive…

K7 Jakarta

K7 Jakarta

< 1 Km

K7 Jakarta is one of many one-stop entertainment venues in Jakarta, located at Kunir Street 7 West Jakarta.…