Tentang Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota (kode: JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur. Keberadaannya pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial. Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan.

Seperti halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut di Surabaya yang merupakan cagar budaya, namun terjadi renovasi yang dinilai kontroversial. Di stasiun ini terdapat peron yang cukup besar, WC umum, dan mini market, untuk kenyamanan penumpang. Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Walau masih berfungsi, di sana-sini terlihat sudut-sudut yang kurang terawat. Keberadaannya pun mulai terusik dengan adanya kabar mau dibangun mal di atas bangunan stasiun. Demikian pula kebersihannya yang kurang terawat, sampah berserakan di rel-rel kereta. Selain itu, banyak orang yang tinggal di samping kiri kanan rel di dekat stasiun mengurangi nilai estetika stasiun kebanggaan ini. Pihak KA sendiri seolah-olah tidak memperhatikan hal ini.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Jakarta Kota

Tegal Arum Jakarta Kota to Tegal, Schedule date : 29 Nov 2014) start from IDR 25.000,00 Book Now
Serayu Pagi Jakarta Kota to Purwokerto, Schedule date : 28 Nov 2014) start from IDR 35.000,00 Book Now
Serayu Malam Jakarta Kota to Purwakarta, Schedule date : 30 Nov 2014) start from IDR 35.000,00 Book Now
Gumarang Jakarta Kota to Ngrombo, Schedule date : 02 Dec 2014) start from IDR 450.000,00 Book Now

Objek Wisata Stasiun Jakarta Kota

, , , , , stasiun jakarta kota

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel, agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan. Untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api, simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Jakarta Kota


Detikcom

Lokomotif Terganggu di Stasiun Kota, Perjalanan KRL Terhambat
Detikcom
Jakarta - Sebuah KRL mengalami gangguan di ruas Stasiun Jayakarta-Stasiun Kota. Akibatnya, perjalanan kereta dari Bekasi dan Bogor yang menuju Stasiun Kota menjadi terhambat. "Yang mengalami gangguan lokomotif, bukan KRL. Akibatnya ada ...
Jalur Commuter Line Manggarai-Jakarta Kota Kembali NormalBeritaSatu
Lokomotif anjlok, perjalanan KRL sementara berubahANTARA
Lokomotif Anjlok di Stasiun Jayakarta, Jadwal KRL TergangguOkezone
SINDOnews.com -merdeka.com -Poskotanews
all 20 news articles »

KOMPAS.com

Beli Tiket Kereta di Bangkok Lebih Ribet Ketimbang Commuter Line di Jakarta
KOMPAS.com
Rute yang dilalui oleh Kompas.com saat mencoba BTS adalah dari Stasiun Bang Na menuju Stasiun Siam. Stasiun Bang Na berlokasi di kawasan pinggiran kota yang letaknya berada di jalan penghubung antara Kota Bangkok dan Bandara Internasional ...
Duh, AC Commuter Line Masih Panas Terpaksa Jendela pun Dibuka LagiDetikcom

all 5 news articles »

Seruu.com

Perbaikan rel Priok-Kota ditargetkan selesai November
ANTARA
Pekerja membawa alat yang digunakan untuk memperbaiki rel kereta api di Kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (11/11). PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan kembali mengoperasikan jalur kereta dengan rute Stasiun Jakarta Kota-Tanjung ...
KAI Targetkan Jalur KRL Priok-Kota Selesai NovemberSeruu.com

all 12 news articles »

Detikcom

Ibu Menyusui, Silakan Dicoba Kabin Laktasi di Stasiun Kota dan Depok Baru
Detikcom
Jakarta - Kabar gembira bagi para ibu menyusui yang menggunakan commuter line. Mereka kini tak risau lagi untuk menyusui buah hati. Ada kabin laktasi di Stasiun Kota dan Stasiun Depok Baru. Nantinya, bila respons masyarakat bagus di stasiun lainnya ...
Kabin Menyusui di Stasiun KA Gagasan Mahasiswa UIMetro TV News

all 5 news articles »

KOMPAS.com

Mengapa Pencopet di KRL Tak Dilaporkan ke Polisi Malah Dipajang di Stasiun?
KOMPAS.com
Istimewa/ Warta Kota/ Reza Indragiri Amriel Seorang copet yang ketahuan saat beraksi, ditelanjangi dan diminta berdiri di tengah peron Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (15/8/2014) petang.

and more »

KOMPAS.com

Ini Komitmen Pemprov DKI Benahi Angkutan Massal Perkotaan
KOMPAS.com
Jadi, saya tidak bangun stasiun gas kan?” kata dia. ... Selain itu, kereta api perkotaan juga akan dikembangkan di sembilan kota metropolitan, yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.


Liputan6.com

Butuh Biaya Pengajian, Santi Jual Ganja
Okezone
"Saya enggak pernah ketemu orangnya. Cuma janjian terus ambil barangnya di Stasiun Jakarta. Saya dapat untung Rp400 sampai Rp500 ribu," ungkapnya. Kapolres Bogor Kota, AKBP Irsan, mengatakan tersangka memanfaatkan jaringan suaminya dalam ...
Ngaku Butuh Biaya Selamatan Orangtua, Janda di Bogor Jual SabuLiputan6.com

all 6 news articles »

KOMPAS.com

Orang Iseng "Ompongi" Pagar Pembatas Jalan Menuju Stasiun Kota
KOMPAS.com
JAKARTA, KOMPAS.com - Pagar pemisah jalan dengan trotoar menuju Stasiun Kota menjadi korban vandalisme orang tak bertanggung jawab. Salah satu batang besinya dipotong, sehingga terlihat ompong di dua bagian. Celah itu menjadi tempat orang ...


Pemerintah Singapura Siap Bekerja Sama dengan Presiden Jokowi
VIVA.co.id
Stasiun berita Channel News Asia, edisi hari ini melaporkan, tujuan utama dari pertemuan tersebut, sebagai perkenalan diri Retno sebagai Menlu baru dan nakhoda perempuan pertama di Kementerian Luar Negeri RI. Mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda ...

and more »

Poskotanews

Jalan Kemukus Kota Tua Akan Ditutup
Poskotanews
JAKARTA (Pos Kota) – Menunjang revitalisasi kawasan Kota Tua, Pemprov DKI Jakarta berencana menutup Jalan Kemukus yang berada di areal wisata sejarah tersebut. Mulai tahun 2015, jalan utama menuju Taman Fatahillah dan Stasiun Beos harus ...

Transportasi ke Stasiun Jakarta Kota

Untuk transportasi menuju Stasiun Jakarta Kota dapat menggunakan taksi, TransJakarta dengan tarif 3500 rupiah atau angkutan umum dengan tarif 2500 rupiah.

Nearby Attractions Stasiun Jakarta Kota

Cafe Batavia

Cafe Batavia

< 1 Km

Café Batavia is an exclusive restaurant occupying an old colonial building. Not only the building,…

Golden Crown

Golden Crown

< 1 Km

If you're in West Jakarta area and want to enjoy a complete nightlife and dreat entertainments,…

Kafe Museum

Kafe Museum

< 1 Km

Kafe Museum is probably the only place to eat or a cafe in Jakarta that offers a distinctive…

K7 Jakarta

K7 Jakarta

< 1 Km

K7 Jakarta is one of many one-stop entertainment venues in Jakarta, located at Kunir Street 7 West Jakarta.…