Tentang Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota (kode: JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kelurahan Pinangsia, Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur. Keberadaannya pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial. Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan.

Seperti halnya Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut di Surabaya yang merupakan cagar budaya, namun terjadi renovasi yang dinilai kontroversial. Di stasiun ini terdapat peron yang cukup besar, WC umum, dan mini market, untuk kenyamanan penumpang. Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Walau masih berfungsi, di sana-sini terlihat sudut-sudut yang kurang terawat. Keberadaannya pun mulai terusik dengan adanya kabar mau dibangun mal di atas bangunan stasiun. Demikian pula kebersihannya yang kurang terawat, sampah berserakan di rel-rel kereta. Selain itu, banyak orang yang tinggal di samping kiri kanan rel di dekat stasiun mengurangi nilai estetika stasiun kebanggaan ini. Pihak KA sendiri seolah-olah tidak memperhatikan hal ini.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Jakarta Kota

Gaya Baru Malam Jakarta Kota to Jombang, Schedule date : 25 Jul 2014) from IDR 55.000,00 book Now
Serayu Malam Jakarta Kota to Purwakarta, Schedule date : 25 Jul 2014) from IDR 35.000,00 book Now
Argo Parahyangan Jakarta Kota to Bandung, Schedule date : 31 Jul 2014) from IDR 110.000,00 book Now
Gumarang Jakarta Kota to Ngrombo, Schedule date : 25 Jul 2014) from IDR 550.000,00 book Now

Objek Wisata Stasiun Jakarta Kota

, , , , , stasiun jakarta kota

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silakakn lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel, agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan. Untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api, simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda.jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Jakarta Kota


Tempo Interaktif

Arus Mudik, KRL Tak Berhenti di Stasiun Senen
Tempo Interaktif
Karena perjalanan kereta api Commuter Line terganggu, perjalanan kereta KRL dari Bekasi menuju Jakarta Kota hanya sampai di Stasiun Jatinegara sedangkan perjalanan KRL Bogor menuju Jakarta Kota hanya sampai Manggarai. Tempo/Dian Triyuli ...
92 Ribu Pemudik Kereta Api Tinggalkan JakartaSuarasurabaya.net

all 24 news articles »

Liputan6.com

KAI berangkatkan 132.000 pemudik hingga H-5
ANTARA
Jakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta memberangkatkan 132.000 pemudik sejak H-10 hingga H-5 Lebaran melalui Stasiun Senen, Stasiun Jakarta Kota, dan Stasiun Gambir. "Pemudik ini ...
Pemudik di Stasiun Gambir Meningkat 5% Dibanding Tahun LaluLiputan6.com
Penjualan Tiket Online Tak Selesaikan Aksi PercaloanTribunnews
Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen Molor Lebih dari Satu JamKOMPAS.com
BeritaSatu
all 31 news articles »

ANTARA

Stasiun Rangkasbitung mulai dipadati pemudik
ANTARA
Urip mengatakan, kepadatan keberangkatan KA menuju Parungpangjang-Serpong-Tanahabang-Jakarta Kota dipadati pemudik sejak pagi hingga siang hari. Begitu pula kedatangan pemudik yang turun di Stasiun Rangkasbitung terjadi lonjakan.

and more »

Suara Pembaruan

PMI DKI Siap Bantu Pemudi Lebaran
Poskotanews
Wilayah Jakarta Barat di Stasiun Kota dan Terminal Kalideres. Untuk wilayah Jakarta Selatan, PMI membuka Pos Pertolongan Pertama di Kebun Binatang Ragunan saat lebaran, yang akan melayani pengunjung yang berekreasi jika terjadi kecelakaan atau ...
H-6 Lebaran, pemudik padati Terminal Bus Kampung Rambutanmerdeka.com
Jumlah Pemudik di Terminal Kampung Rambutan Mulai MeningkatBeritaSatu

all 24 news articles »

SINDOnews.com

Polresta Bekasi Waspadai Titik-titik Rawan yang Dilintasi Pemudik
Detikcom
Sebanyak 14 pospam tersebut ada di sepanjang Jalan Kalimalang, Terminal Bekasi, Pulogebang, Banter Gebang, Medan Satria, serta di daerah perbatasan dengan Jakarta Timur. "Ada pula pos di Stasiun Kranji dan Stasiun Bekasi Kota. Di setiap pos, ada ...
800 Personel Polresta Bekasi Kota Amankan Arus MudikBeritaSatu

all 26 news articles »

Polda Metro Tindak Tegas Preman dan Calo yang Berani Berkeliaran
Harian Terbit
Pengamanan juga dilakukan di seluruh terminal, stasiun, bandara dan pelabuhan agar pemudik merasa aman dan nyaman. Tugas kami memang untuk melindungi dan mengayomi masyarakat,” ujarnya saat meninjau Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, ...

and more »

Metro TV News

Penukaran Uang Juga Bisa Dilakukan di Stasiun dan Pegadaian
Metro TV News
"Tahun ini selain di Monas, penukaran uang bisa dilakukan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, dan Manggarai. Selain itu ada 15 kantor Pegadaian yang melayani penukaran uang untuk Idul Fitri tahun Ini," kata Asisten Direktur ...
Mau Tukar Uang? Ke Monas SajaKOMPAS.com
Tukar uang receh dibatasi maksimal Rp 3,7 juta per orangmerdeka.com

all 87 news articles »

Metro TV News

Jokowi Setuju Monorel Tak Dilanjutkan
BeritaSatu
Sekalian ngomong soal transportasi publik, soal rel, termasuk soal monorel kita bahas," kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (23/7). Mendengar informasi tersebut, Basuki mengatakan Jokowi memberikan persetujuan untuk tidak meneruskan monorel ...
Jokowi Tolak Lanjutkan MonorelGatra
Ahok: Rumah dan PKL Liar di Kolong Layang Dirapikan Usai LebaranLiputan6.com

all 440 news articles »

SINDOnews.com

BNI Antarkan 6.050 Orang Pulang Kampung Gratis
Tribunnews
Adapun pemudik yang menggunakan kereta api (KA) akan dilepas pada hari Jumat (25/7/2014) dari Stasiun Gambir, Jakarta. Terdapat sekitar 106 bus yang ... Adapun kota-kota tujuan akhir yang dilayani oleh kereta adalah Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.
BNI Ajak 6.050 Nasabah Mudik GratisOkezone
BNI Antar 6.050 Pemudik GratisVIVA.co.id

all 8 news articles »

Puncak Arus Mudik di Jateng H-3
VIVA.co.id
Menurut Tulus, untuk puncak arus mudik di kota besar seperti Jakarta dan Sumatera berlangsung hari ini. Para pemudik yang akan menuju Jateng sedang memadari lokasi seperti terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan. "Jadi kamis dan Jumat mereka ...

Transportasi ke Stasiun Jakarta Kota

Untuk transportasi menuju Stasiun Jakarta Kota dapat menggunakan taksi, TransJakarta dengan tarif 3500 rupiah atau angkutan umum dengan tarif 2500 rupiah.

Nearby Attractions Stasiun Jakarta Kota

Cafe Batavia

Cafe Batavia

< 1 Km

Café Batavia is an exclusive restaurant occupying an old colonial building. Not only the building,…

Golden Crown

Golden Crown

< 1 Km

If you're in West Jakarta area and want to enjoy a complete nightlife and dreat entertainments,…

Kafe Museum

Kafe Museum

< 1 Km

Kafe Museum is probably the only place to eat or a cafe in Jakarta that offers a distinctive…

K7 Jakarta

K7 Jakarta

< 1 Km

K7 Jakarta is one of many one-stop entertainment venues in Jakarta, located at Kunir Street 7 West Jakarta.…