Tentang Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kotalama adalah stasiun kereta api tertua di Kota Malang yang dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun pada tahun 1941 untuk menampung meningkatnya jumlah penumpang. Stasiun Malang Kotalama dibangun sebagai bagian dari rute kereta api jalur Surabaya, Pasuruan, Malang yang dibangun pemerintah kolonial Belanda melalui perusahaan Staats Spoorwegen (SS), untuk mengangkut hasil bumi dari Malang dan sekitarnya ke Pelabuhan Tanjung Perak. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1875 untuk jalur Surabaya,Pasuruan dan dilanjutkan untuk jalur Pasuruan, Malang yang diresmikan pada tahun 1879. 

Stasiun ini terdiri dari dua bangunan yang berdempetan yaitu bangunan pintu masuk, tempat pejualan tiket dan ruang-ruang kantor, serta bangunan peron dan emplasemen. Bangunan pintu masuk dan kantor berbentuk sederhana memanjang dengan atap pelana satu arah. Struktur utama kayu yang dipadukan dengan dinding bata tebal membuat bangunan ini terlihat cukup kokoh. Bangunan stasiun sekarang ini sesungguhnya adalah bangunan tambahan yang dibangun pada tahun 1911 karena bangunan lama tidak mampu menampung peningkatan jumlah penumpang. Awalnya stasiun dibangun di sisi timur emplasemen sehingga pada saat turun penumpang akan dapat melihat pemadangan indah Pegunungan Panderman. Bangunan lama tersebut sekarang difungsikan untuk kantor dan gudang alat-alat perawatan kereta.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Malang Kota Lama

Malioboro Ekspres Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 30 Sep 2014) from IDR 200.000,00 book Now
Majapahit Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 30 Sep 2014) from IDR 240.000,00 book Now
Matarmaja Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 30 Sep 2014) from IDR 65.000,00 book Now
Tawang Alun Malang Kota Lama to Banyuwangibaru, Schedule date : 24 Sep 2014) from IDR 30.000,00 book Now
Gajayana Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 30 Sep 2014) from IDR 395.000,00 book Now

Objek Wisata Stasiun Malang Kota Lama

, , , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkan lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang Kota Lama


Suami-Istri Jadi Spesialis Pencuri Motor
VIVA.co.id
VIVAnews – Sepandai-pandainya tupai meloncat pasti jatuh juga. Perumpaan itu cocok disandingkan untuk pasangan suami-istri Yulianto dan Tika warga Jalan Kolonel Sugiono 3B Kota Malang. Pasutri spesialis pencuri motor ini kena batunya setelah ...

and more »

BeritaSatu

Kabupaten Malang Juga Ingin Bersih dari Lokalisasi
BeritaSatu
Sebagai langkah awal, tujuh lokalisasi akan ditutup dan itu akan menjadi kado 'manis' bagi ulang tahun Kabupaten Malang pada bulan November nanti," kata Abdul Malik belum lama ini. Menurut dia, lokalisasi tersebut akan segera ... Di Kabupaten Malang ...

and more »

Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta Api
Tribunnews
Saat bersamaan datang kereta api dari arah selatan Stasiun Kota Lama Malang. Seketika tubuh korban dihantam kereta api. Seorang warga, Nanang mengatakan, korban terkena penyakit setruk. Saat itu korban hendak menyebrang di perlintasan kereta api ...

and more »

Liputan6.com

Usai Diberi Minum, Pria Asal Malang Meninggal di Pos Satpol PP
Liputan6.com
Liputan6.com, Bogor - Seorang pria ditemukan telah meninggal dunia di Pos Satpol PP Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (7/9/2014). Diketahui melalui KTP-nya, korban bernama Taufik Rahman (50) itu berasal dari Kota Malang, Jawa Timur.

and more »

Liputan6.com

Panas Jakarta dan Ramalan 'Neraka' di Bumi
Liputan6.com
“Saya rasa saat ini Bandung semakin lama kok semakin panas karena faktor adanya perkembangan ledakan penduduk, lalu tatanan wilayah seperti tutupan lahan yang sekarang berkurang, penebangan hutan,” ujar Jadi. Tak cuma Bandung, Kota Bogor, ... Kepala ...


Polisi Amerika tangkap siswa menulis ingin tembak dinosaurus
merdeka.com
Jokowi yakin Koalisi Merah Putih tak bertahan lama ... Pamer otot kekar, Agnez Mo bikin kota Malang 'berguncang' .... Merdeka.com - Polisi Amerika Serikat menangkap seorang siswa laki-laki di Kota Summberville, Negara Bagian South Carolina, karena dia ...


ABS Cari Sensasi Lagi
Kaltim Post
BALIKPAPAN - Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong (ABS) kembali marah-marah di hadapan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan wartawan, kemarin (21/8). Ini lantaran beberapa kepala SKPD tak hadir dalam rapat mendadak ...

Transportasi ke Stasiun Malang Kota Lama

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang Kota Lama dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.jasa ojek atau becak pun ada untuk sampai kestasiun ini.tentu saja harganya sedikit lebih mahal tergantung jarak tempuhnya.

Nearby Attractions Stasiun Malang Kota Lama

Rawon Nguling

Rawon Nguling

1.3 Km

Bagi anda yang ingin merasakan kelezatan rawon asli dari daerah asalnya, datanglah ke Warung Rawon Nguling…

De' Exelco

De' Exelco

1.6 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…

Tugu Malang

Tugu Malang

2 Km

Salah satu peninggalan sejarah Kota Malang yang terletak di pusat kota.

De' Exelco

De' Exelco

2.1 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…