Tentang Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kotalama adalah stasiun kereta api tertua di Kota Malang yang dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun pada tahun 1941 untuk menampung meningkatnya jumlah penumpang. Stasiun Malang Kotalama dibangun sebagai bagian dari rute kereta api jalur Surabaya, Pasuruan, Malang yang dibangun pemerintah kolonial Belanda melalui perusahaan Staats Spoorwegen (SS), untuk mengangkut hasil bumi dari Malang dan sekitarnya ke Pelabuhan Tanjung Perak. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1875 untuk jalur Surabaya,Pasuruan dan dilanjutkan untuk jalur Pasuruan, Malang yang diresmikan pada tahun 1879. 

Stasiun ini terdiri dari dua bangunan yang berdempetan yaitu bangunan pintu masuk, tempat pejualan tiket dan ruang-ruang kantor, serta bangunan peron dan emplasemen. Bangunan pintu masuk dan kantor berbentuk sederhana memanjang dengan atap pelana satu arah. Struktur utama kayu yang dipadukan dengan dinding bata tebal membuat bangunan ini terlihat cukup kokoh. Bangunan stasiun sekarang ini sesungguhnya adalah bangunan tambahan yang dibangun pada tahun 1911 karena bangunan lama tidak mampu menampung peningkatan jumlah penumpang. Awalnya stasiun dibangun di sisi timur emplasemen sehingga pada saat turun penumpang akan dapat melihat pemadangan indah Pegunungan Panderman. Bangunan lama tersebut sekarang difungsikan untuk kantor dan gudang alat-alat perawatan kereta.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Malang Kota Lama

Malioboro Ekspres Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 10 Feb 2015) start from IDR 190.000,00 Book Now
Majapahit Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 10 Feb 2015) start from IDR 205.000,00 Book Now
Matarmaja Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 10 Feb 2015) start from IDR 110.000,00 Book Now
Tawang Alun Malang Kota Lama to Banyuwangibaru, Schedule date : 02 Feb 2015) start from IDR 100.000,00 Book Now
Gajayana Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 10 Feb 2015) start from IDR 325.000,00 Book Now
Malabar Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 10 Feb 2015) start from IDR 350.000,00 Book Now

Objek Wisata Stasiun Malang Kota Lama

, , , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkan lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang Kota Lama


merdeka.com

PT KAI luncurkan KA Malioboro ekspres pagi ke Yogya-Solo-Malang
merdeka.com
KA Malioboro ekspres, akan singgah di Stasiun Klaten pukul 08.30, Solo Balapan 08.58, Walikukun 09.46, Madiun 10.29, Nganjuk 11.37, Kertosono 11.59, Kediri 13.32, Tulung Agung 13.12, Blitar 13.51, Wlingi 14.22, Kepanjen 15.46, Malang Kota Lama ...
Hore, Jumlah Perjalanan Jogja-Malang DitambahHarian Jogja
KA Malioboro Ekspres Tambah Jadwal, Berangkat Pagi dari YogyakartaSolopos
KAI Daop VI Tambah Perjalanan Kereta ke MalangBeritaSatu
VIVA.co.id
all 10 news articles »

PT KAI Luncurkan Malioboro Ekspres
Koran Sindo
... 08.58 WIB, Walikukun 09.46 WIB, Madiun 10.29 WIB, Nganjuk 11.37 WIB, Kertosono 11.59 WIB, Kediri 13.32 WIB, Tulung Agung 13.12 WIB, Blitar 13.51 WIB, Wlingi 14.22 WIB, Kepanjen 15.46 WIB, Malang Kota Lama 16.13 WIB dan tiba di Stasiun Malang, ...

and more »

Samarinda Bangun Stasiun Pemanfaatan Gas Metana
Tribun Kaltim
"Gas metana sebenarnya sudah lama ada akan tetapi untuk wilayah Samarinda baru dimanfaatkan setelah kami melakukan studi banding di Kota Malang dan Surabaya, Jawa Timur," kata Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang pada peluncuran Stasiun ...


Noam Chomsky: Serangan Paris Sibak Tabir Kemunafikan Barat
CNN Indonesia
Setelah serangan teroris ke Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang termasuk editor dan empat kartunis, dan pembunuhan empat orang Yahudi di swalayan halal Yahudi tidak lama setelahnya, Perdana Menteri Perancis Manuel Valls mendeklarasikan "perang ...


Jambret Terjatuh Usai Merampas Tas Korban
Surya
SURYA.co.id, SURABAYA - Seorang jambret tertangkap gara-gara terjatuh dari sepeda motornya usai merampas tas seorang perempuan di jalan Stasiun Gubeng, Surabaya. Dia adalah Ferdi Firmansyah (19), warga Jl ... Petugas masih berusaha mencari ...


Poskotanews

Profil Sebagian Penumpang AirAsia QZ-8501
Poskotanews
“Kami sudah ikhlas,” kata Angela Anggi Ranastianis, putri Pilot Irianto saat diwawancarai salah satu stasiun televisi swasta, Minggu (4/1). Namun Angela ... Halaman Facebook Oktavianus mengatakan ia adalah warga kota Malang, seperti dilaporkan CNN.


Empat Tempat Ngopi Pilihan di Yogyakarta
VIVA.co.id
VIVAlife - Menikmati secangkir kopi dengan suasana santai sudah menjadi bagian dari gaya hidup tidak terpisahkan masyarakat Yogyakarta. Hampir di setiap sudut Kota Budaya ini, tampak warung kopi. Mulai dari kelas angkringan, hingga kelas mal dan ...

and more »

Putra Muammar Gaddafi minta maaf dari penjara
merdeka.com
Video itu disiarkan stasiun televisi pemerintah. Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Sabtu ... Meski tidak mengatakan itu benar namun dia mengakui terlibat dalam sejumlah upaya kekacauan di Ibu Kota Tripoli. "Saya juga ingin memastikan pada keluarga ...

and more »

Detikcom

Bangunan di Sekitar Stasiun Kotalama Malang Ditertibkan
Detikcom
Malang - PT KAI Daops 8 Surabaya mengeksekusi puluhan rumah yang berdiri di sekitar Stasiun Kotalama, Malang, Rabu (19/6/2013). Penggusuran bangunan ini dilakukan untuk menormalkan kembali jalur kereta api. "Ada 64 rumah berdiri di atas jalur 7 ...

and more »

Tribunnews

Kereta Baru Jayabaya Relasi Layani Rute Malang - Surabaya
Tribunnews
Sebenarnya, kereta ini merupakan rangkaian kereta lama. DAOP 8 Surabaya hanya mengubah tujuan dan jadwal pemberangkatannya saja. Manager Humas DAOP 8 Surabaya PT KAI, Sumarsono, dalam siaran pers yang dikirim melalui email menuturkan KA Jayabaya Relasi ...

and more »

Transportasi ke Stasiun Malang Kota Lama

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang Kota Lama dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.jasa ojek atau becak pun ada untuk sampai kestasiun ini.tentu saja harganya sedikit lebih mahal tergantung jarak tempuhnya.

Nearby Attractions Stasiun Malang Kota Lama

Rawon Nguling

Rawon Nguling

1.3 Km

Bagi anda yang ingin merasakan kelezatan rawon asli dari daerah asalnya, datanglah ke Warung Rawon Nguling…

De' Exelco

De' Exelco

1.6 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…

Tugu Malang

Tugu Malang

2 Km

Salah satu peninggalan sejarah Kota Malang yang terletak di pusat kota.

De' Exelco

De' Exelco

2.1 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…