Tentang Stasiun Malang Kota Lama

Stasiun Malang Kotalama adalah stasiun kereta api tertua di Kota Malang yang dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama "Kotalama" dimaksudkan untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun pada tahun 1941 untuk menampung meningkatnya jumlah penumpang. Stasiun Malang Kotalama dibangun sebagai bagian dari rute kereta api jalur Surabaya, Pasuruan, Malang yang dibangun pemerintah kolonial Belanda melalui perusahaan Staats Spoorwegen (SS), untuk mengangkut hasil bumi dari Malang dan sekitarnya ke Pelabuhan Tanjung Perak. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1875 untuk jalur Surabaya,Pasuruan dan dilanjutkan untuk jalur Pasuruan, Malang yang diresmikan pada tahun 1879. 

Stasiun ini terdiri dari dua bangunan yang berdempetan yaitu bangunan pintu masuk, tempat pejualan tiket dan ruang-ruang kantor, serta bangunan peron dan emplasemen. Bangunan pintu masuk dan kantor berbentuk sederhana memanjang dengan atap pelana satu arah. Struktur utama kayu yang dipadukan dengan dinding bata tebal membuat bangunan ini terlihat cukup kokoh. Bangunan stasiun sekarang ini sesungguhnya adalah bangunan tambahan yang dibangun pada tahun 1911 karena bangunan lama tidak mampu menampung peningkatan jumlah penumpang. Awalnya stasiun dibangun di sisi timur emplasemen sehingga pada saat turun penumpang akan dapat melihat pemadangan indah Pegunungan Panderman. Bangunan lama tersebut sekarang difungsikan untuk kantor dan gudang alat-alat perawatan kereta.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Malang Kota Lama

Majapahit Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 24 May 2014) from IDR 260.000,00 book Now
Matarmaja Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 24 May 2014) from IDR 65.000,00 book Now
Tawang Alun Malang Kota Lama to Banyuwangibaru, Schedule date : 16 Jun 2014) from IDR 30.000,00 book Now
Gajayana Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 24 May 2014) from IDR 370.000,00 book Now
Malabar Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 24 May 2014) from IDR 355.000,00 book Now
Malioboro Ekspres Malang Kota Lama to Malang, Schedule date : 24 May 2014) from IDR 200.000,00 book Now

Objek Wisata Stasiun Malang Kota Lama

, , , , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang,serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkan lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba,minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang Kota Lama


Tempo.co

Warga Malang Gugat PT KAI
Tempo.co
Lahan itu milik negara dan diserahkan pengelolaan ke PT KAI. Sedangkan PT KAI mengamankan aset yang dimilikinya untuk kepentingan perluasan stasiun Kereta Api Kota Lama Malang. Sedangkan penggusuran tak melalui mekanisme penetapan karena ...


Jelang Libur Paskah, Pembeli Tiket KA Membludak
Pikiran Rakyat
Pembeli tiket kereta api di Stasiun Purwokerto Banyumas Jawa Tengah membludak sejak Senin (14/4) pagi, antrean panjang terlihat empat loket pemesanan tiket. Sebagian pengantri tiket adalah pemudik ... Tiket KA dari Jakarta tujuan sejumlah kota di Pulau ...

and more »

Tempo.co

Evakuasi Kereta Malabar Gunakan Gerbong Datar
Tempo.co
Kepala Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota, Ajun Komisaris Besar Noffan Widyayoko, mengatakan lokasi kejadian di Kampung Terung, Desa Mekarsari, Kecamatan Ciawi, cukup terpencil. Petugas pun kesulitan mendatangkan alat-alat khusus ... Saat itu, Kereta ...

and more »

Suara Pembaruan

Pengalihan KA Lintas Selatan Hingga Senin Malam
Suara Pembaruan
"Hal ini dilakukan hingga selesainya proses evakuasi sarana dan perbaikan infrastruktur di lokasi kecelakaan KA Malabar, KM 244+0/1 antara Stasiun Cirahayu dan Stasiu Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat," kata Manajer Humas PT KAI Daerah ... Sejak ...
Jalur KA lintas selatan dipindah ke jalur utaraWaspada Online (Blog)

all 15 news articles »

Transportasi ke Stasiun Malang Kota Lama

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang Kota Lama dapat menggunakan taksi atau angkutan umum.jasa ojek atau becak pun ada untuk sampai kestasiun ini.tentu saja harganya sedikit lebih mahal tergantung jarak tempuhnya.

Nearby Attractions Stasiun Malang Kota Lama

Rawon Nguling

Rawon Nguling

1.3 Km

Bagi anda yang ingin merasakan kelezatan rawon asli dari daerah asalnya, datanglah ke Warung Rawon Nguling…

De' Exelco

De' Exelco

1.6 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…

Tugu Malang

Tugu Malang

2 Km

Salah satu peninggalan sejarah Kota Malang yang terletak di pusat kota.

De' Exelco

De' Exelco

2.1 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…