Tentang Stasiun Malang

Stasiun Malang (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di Klojen, Malang, Jawa Timur. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif. Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua. Stasiun kereta api berada di pusat kota Malang, tepatnya berada di kecamatan Klojen. Stasiun kereta api ini menghadap langsung ke arah icon Kota Malang, yaitu Monumen Tugu yang berada di depan kantor Balai Kota Malang. Di stasiun ini disediakan porter atau kuli angkut bagi penumpang guna membantu para penumpang untuk membawakan barang-barang mereka. Selain itu, di stasiun Malang ini terdapat fasilitas toilet ruang tunggu yang nyaman serta beberapa terdapat pertokoan di sebelah timurnya yang menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan, termasuk terdapat warung-warung masakan. 

Bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.Saat ini, lokasi Stasiun Malang sangat strategis karena terletak tidak jauh dari Alun-Alun Bundar.

Rute dan tiket kereta api di Stasiun Malang

Majapahit Malang to Tegal, Schedule date : 25 Nov 2014) start from IDR 275.000,00 Book Now
Matarmaja Malang to Solojebres, Schedule date : 28 Nov 2014) start from IDR 65.000,00 Book Now
Tawang Alun Malang to Banyuwangibaru, Schedule date : 24 Nov 2014) start from IDR 30.000,00 Book Now
Gajayana Malang to Purwokerto, Schedule date : 28 Nov 2014) start from IDR 560.000,00 Book Now
Bima Malang to Sumpiuh, Schedule date : 27 Dec 2014) start from IDR 580.000,00 Book Now
Malabar Malang to Karanganyar, Schedule date : 20 Dec 2014) start from IDR 520.000,00 Book Now
Malioboro Ekspres Malang to Yogyakarta, Schedule date : 25 Nov 2014) start from IDR 250.000,00 Book Now

Objek Wisata Stasiun Malang

, , ,

Reservasi Tiket Kereta Api

Untuk cara Reservasi tiket atau pemesanan tiket ada 10 tahap yang harus di ikuti yaitu:

1. Pilih tipe perjalanan anda, kota asal dan kota tujuan, tanggal pergi dan tanggal pulang, serta jumlah penumpang yang akan pergi (maksimal 4 penumpang). Setelah itu klik tombol Cari untuk mencari jadwal perjalanan anda.

2. Pilih jadwal perjalanan pergi dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

3. Pilih jadwal perjalanan pulang dengan melakukan klik pada jadwal yang anda inginkan.

4. Pesanan anda akan muncul di shopping cart. Periksa ulang jadwal perjalanan anda, jika sudah benar klik tombol Lanjutkan ke Checkout.

5. Jika sebelumnya anda telah memiliki akun di tiket.com, silahkann lakukan login dengan username dan password anda. Jika anda belum memiliki akun di tiket.com, silakan buat akun anda dengan mengisi form di bagian bawah.

6. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pergi dengan benar. Setelah itu klik tombol Simpan & Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Isi data orang yang bisa dihubungi dan data penumpang yang akan pulang dengan benar. Setelah itu klik tombol Selesai untuk melanjutkan ke proses pembayaran.

8. Pilih metode pembayaran yang anda inginkan : - Kartu kredit - Klik BCA - Transfer lewat bank

9. Setelah pembayaran anda masuk di Tiket.com, kami akan segera mengirimkan voucher kereta api ke email anda.

10. Setelah anda mendapatkan voucher kereta api, anda bisa melakukan penukaran tiket di loket stasiun online paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

Panduan Penting Berpergian Dengan Kereta Api

Beberapa panduan penting ketika anda bepergian atau berlibur adalah sebagai berikut:

1. Sebelum berangkat pastikan anda telah reservasi atau pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat liburan tiba, minimal 2 - 3 hari sebelum keberangkatan.

2. Harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang di tempuh dari rumah anda.

3. Bawalah barang anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel,agar mudah untuk di bawa kemanapun anda berjalan.untuk barang - barang penting sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian anda.

4. Ketika telah berada di dalam kereta api,simpanlah barang - barang anda di tempat yang aman dan letakan ransel berserta barang penting anda tepat didepan badan anda demi alasan keamanan.

5. Sesampai distasiun kedatangan periksalah kembali barang - barang bawaan anda. Jika membutuhkan porter untuk mengangkat barang anda, carilah porter yang berseragam resmi.

Berita dari Stasiun Malang


Sopir Mikrolet di Malang Pilih Tunggu Penumpang
Tribunnews
Seperti yang terlihat di depan Stasiun Kota Malang, Selasa (18/11/2014). Para sopir mikrolet memarkir kendaraan di lokasi tersebut. Mereka menunggu penumpang yang turun dari stasiun. Seorang sopir mikrolet Arjosari-Landunsari (AL), Muhamamd Hadi ...

and more »

Kejati Jatim periksa puluhan Petugas Tera Metrologi se-Jatim
LensaIndonesia.com
COM: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur terus mendalami dugaan pungutan liar (Pungli) Tera stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Puluhan saksi ... Yakni Surabaya, Pamekasan, Bojonegoro, Madiun, Kediri, Malang, dan Jember. Masing UPTD ...

and more »

Tribunnews

Amaris Hotel Pasar Baru Resmi Beroperasi Hari Ini
Tribunnews
Di samping itu mudah untuk menjangkau wisata bersejarah dan bangunan kuno di Jakarta seperti Pasar Baru, Gedung Kesenian, Monumen Nasional (Monas), serta dekat dengan stasiun kereta api Gambir dan JITEC Kemayoran Exhibition Centre. ... Amaris Hotel ...

and more »

Tempo.co

Lelaki Tak Beridentias Tewas Dihantam Kereta Api
Tempo.co
Seorang pemuda tanpa identitas yang berumur sekitar 35 tahun tewas tertabrak Kereta Penataran yang melaju dari arah Surabaya ke Malang pada hari itu, sekitar pukul 07.30 WIB. Korban tertabrak saat melewati perlintasan sebelah selatan Stasiun Lawang ...
Pejalan Kaki Tertabrak KA di Kecamatan LawangTribunnews

all 2 news articles »

Beda dengan Petani, Nelayan Tak Bisa Serta-merta Naikkan Harga Ikan
VIVA.co.id
VIVAnews - Para nelayan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mulai mengeluhkan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Masalahnya adalah mereka tak bisa serta-merta menaikkan harga ikan hasil tangkapannya meski ongkos ...


Pria Tewas Tersambar Kereta di Stasiun
Radar Pekalongan Online
Peristiwa itu terjadi sekira pukul 03.00, tepatnya di Dukuh Jati Malang Kelurahan/ Kecamatan Sragi pada emplacemen sepur hulu stasiun sragi km 99 + 1. Pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut tersambar KA Barang, dan mengalami luka-luka ...


Tempo.co

Libatkan Orang Utan, Program Inbox SCTV Diprotes
Tempo.co
CO, Malang - Lembaga perlindungan satwa dan hutan PROFAUNA Indonesia memprotes program musik Inbox SCTV edisi Sabtu, 8 November 2014. Dalam program musik yang disiarkan langsung dari Jatim Park tersebut, seekor orang utan diajak berjoget di ... Timur ...

and more »

Liputan6.com

Tiga KA Terlambat Datang di Stasiun Malang Akibat Kecelakaan di Sidoarjo
Tribunnews
TRIBUNNEWS.COM,MALANG - Kecelakaan antara KA Inspeksi (Istimewa) dengan truk katrol (crane) di traffic light Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo, menyebabkan keterlambatan kedatangan beberapa kereta di Stasiun Kota Malang, Kamis (17/7/2014).
Tabrakan di Sidoarjo, Ratusan Penumpang Kereta di Malang TerlantarOkezone
6 Kereta Disiapkan untuk Mudik Gratis di MalangLiputan6.com

all 5 news articles »

SINDOnews.com

Pahlawan Kesiangan
SINDOnews.com
Dalam CCTV itu, tampak suasana di sebuah stasiun Metro (kereta api bawah tanah) di London, dengan sebuah kereta api sedang meluncur dari kegelapan dan sudah terlihat lampunya akan segera masuk kawasan stasiun. Tiba-tiba seorang balita terjatuh dari ...

and more »

Terlindas KRL, Jari Akhfian Patah dan Kepalanya Remuk
Sumatera Ekspres Online
JAKARTA - Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Akhfian ... Padahal, lanjut Agus, petugas di Stasiun Citayam dan penumpang yang berada di sana sudah memanggil serta memberikan peringatan, hanya saja tak diindahkan oleh korban.

and more »

Transportasi ke Stasiun Malang

Untuk transportasi menuju Stasiun Malang dapat menggunakan taksi atau angkutan umum. Untuk angkutan umum sendiri cukup banyak melewati stasiun ini, karena lokasi stasiun berada di tengah kota. Sedangkan untuk jarak dekat lebih baik menggunakan becak lebih efisien.

Nearby Attractions Stasiun Malang

Tugu Malang

Tugu Malang

< 1 Km

Salah satu peninggalan sejarah Kota Malang yang terletak di pusat kota.

Rawon Nguling

Rawon Nguling

< 1 Km

Bagi anda yang ingin merasakan kelezatan rawon asli dari daerah asalnya, datanglah ke Warung Rawon Nguling…

Hotel Kartika Graha

Hotel Kartika Graha

< 1 Km

Hotel yang terletak sangat dekat dengan jantung kota, di jalan protokol Jaksa Agung Suprapto ini adalah…

De' Exelco

De' Exelco

1.2 Km

De’ Exelco is the trendsetter modern coffee shop inIndonesiaand become the most favorite venue to…