Benteng Speelwijk
  • 5 Hotel dekat Benteng Speelwijk

Lihat Semua Hotel

Benteng Speelwijk

Alamat : Desa Pamarican atau Pabean, Banten, Indonesia

Kategori

Dalam catatan sejarah, benteng ini mulanya bekas benteng milik Kesultanan Banten yang dibuat pada masa pemerintahan Sultan Banten Abu Nasr Abdul Qohhar (1672 – 1687). Pada 1685, Kesultanan Banten diserbu penjajah Belanda dan menguasa Banten.

Di dalam benteng ini dahulu terdapat rumah komandan, gereja, kamar senjata, kantor administrasi, toko-toko kompeni, dan kamar dagang. Sebagian tembok yang masih tampak utuh merupakan bastion (ruang pengintai) yang terletak di atas tembok sebelah utara dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Meskipun sudah tak utuh lagi, di sejumlah sudut benteng yang berada tak jauh dari bangunan vihara tua ini masih meninggalkan bentuk bangunan yang masih bisa dinikmati.

Pada bagian utara, terdapat ruang bawah tanah yang diduga sebagai kamar tahanan khusus dan tahanan biasa. Tembok benteng, diduga mempunyai dua fungsi, yakni sebagai pertahanan dan pemukiman. Dulunya, di sekitar benteng yang melintasi sungai Cibanten ini terdapat tempat penarikan pajak bagi kapal yang singgah di pelabuhan Banten. Namun saat ini, kapal dan tempat penarikan pajak itu sudah tak ada. Yang tersisa saat ini dari Benteng Speelwijk adalah sebuah reruntuhan sisa kejayaan penjajah Belanda dalam menancapkan kekuasaanya di Banten.

Galeri Foto Benteng Speelwijk

Lihat Semua Foto

Hotel dekat Benteng Speelwijk