Candi Prambanan
  • 281 Hotel dekat Candi Prambanan

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Yogyakarta, Indonesia (JOG)

Candi Prambanan

Alamat : Jl. Raya Jogja - Solo, Km 16, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571

Candi Prambanan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Medang atau yang juga sering disebut sebagai Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Prambanan ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus banyak yang menyebutnya candi terindah di Asia Tenggara. Candi yang telah ada sejak abad ke-10 Masehi ini menunjukkan bahwa kerajaan Hindu Mataram Kuno memang pernah berkuasa di Pulau Jawa.

Bangunan utama Candi Prambanan ini terdiri dari tiga candi utama. Tiga candi utama ini terdiri dari Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Patung Roro Jonggrang yang terkenal di Candi Prambanan terletak di salah satu ruangan utama di dalam Candi Siwa. Nama lain dari Patung Roro Jonggrang ini adalah Patung Durga Mahisasuramardini yang merupakan sosok istri (sakti) dari Dewa Siwa.

Selain memiliki tiga candi utama yang berukuran paling besar, kompleks Candi Prambanan juga terdiri dari candi pendamping yang berada di masing-masing sisi candi utama. Tidak hanya itu, kompleks Candi Prambanan juga masih memiliki candi apit, candi kelir, candi sudut, bahkan candi kecil berjumlah 224 yang sering disebut sebagai candi sewu.

Mengunjungi Candi Prambanan sama halnya membuka kembali sejarah panjang tentang kejayaan Kerajaan Mataram Kuno di Indonesia. Jika Anda melihat dinding Candi Prambanan, Anda akan menemukan relief cerita Ramayana. Cerita Ramayana ini juga dipentaskan secara berkala melalui pertunjukan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan tepatnya di kawasan panggung terbuka. Jika sedang musim penghujan, pertunjukan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan digelar di panggung Gedung Trimurti yang tertutup.

Candi Prambanan berlokasi di Jl. Raya Jogja – Solo, Km 16, Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta. Anda bisa mencapai Candi Prambanan dengan mudah jika Anda datang ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat terbang, lantaran dari arah Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, lokasi Candi Prambanan ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 15 menit saja.

Jika Anda belum punya ide ingin menginap di mana selama berada di Yogyakarta, Anda bisa memesan hotel dekat Candi Prambanan di tiket.com. Hotel dekat Candi Prambanan yang bisa dipesan melalui tiket.com ini bisa menjadi pilihan penginapan terbaik untuk Anda selama berada di Yogyakarta. Terlebih apabila saat berkunjung ke Candi Prambanan, Anda ingin menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana, memesan hotel dekat Candi Prambanan bisa memudahkan Anda untuk datang ke Candi Prambanan saat malam hari, ketika pertunjukan megah tersebut sedang berlangsung.

Segera pesan hotel dekat Candi Prambanan di tiket.com. Hotel dekat Candi Prambanan ini bisa dipilih untuk dipesan sesuai dengan bujet Anda.

Ayo segera pesan hotel dekat Candi Prambanan dan nikmati petualangan tak terlupakan di Yogyakarta! 

Galeri Foto Candi Prambanan

Hotel dekat Candi Prambanan