Kawah Putih
  • 1 Hotel dekat Kawah Putih

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bandung, Indonesia (BDO)
Penerbangan Ke TASIKMALAYA, Indonesia (TSY)
Penerbangan Ke Majalengka, Indonesia (KJT)

Kawah Putih

Alamat : Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, West Java

Kategori

Kawah Putih adalah sebuah tempat dengan pemandangan yang luar biasa indah dan juga mengeluarkan kesan misterius nan memikat. Dengan keindahannya, kawah ini menjadi sebuah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Kawah Putih berada di sebuah kawah gunung berapi yang berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Bandung, Jawa Barat. Danau Kawah Putih ini merupakan salah satu dari dua kawah yang membentuk Gunung Patuha, gunung berapi yang ada di pulau Jawa. Kawah Putih itu sendiri tampaknya memiliki aktivitas yang cukup stabil dan tidak ada perubahan secara signifikan sejak sekitar tahun 1600.

Kawah Putih mulai dibuka untuk para turis pada tahun 1987. Kawah ini berada sekitar 2.430 meter di atas permukaan laut sehingga tempat ini memiliki iklim yang sangat bersahabat dan dingin, dengan rata-rata suhu sekitar 10 derajat Celcius. Kawah Putih bisa dibilang adalah sebuah danau berukuran besar dengan tingkat keasaman tinggi yang akan berubah warna dari biru, ke hijau keputihan, atau coklat, tergantung pada tingkat konsentrasi belerang dan temperatur atau kondisi oksidasinya. Pasir dan bebatuan yang mengelilingi kawah ini juga ikut menjadi berwarna putih karena interaksi dengan air dari kawah tersebut.

Ada beberapa yang mengatakan bahwa Kawah Putih ini pertama kali ditemukan pada tahun 1837 oleh seorang asal Jerman bernama Dr Franz Wilhelm Junghuhn, seorang ahli botani yang menjalankan banyak sekali penelitian di Indonesia hingga ia meninggal di Lembang pada tahun 1864. Pada saat itu, ada beberapa versi yang menceritakan asal usul dari kawah ini. Salah satu cerita menyebutkan bahwa burung-burung enggan untuk terbang di sekitar area ini, dan penduduk desa menganggap bahwa hutan di sekitar kawah sangat menyeramkan.

Cerita tersebut menggerakkan Dr Junghuhn untuk menyelidikinya dan kemudian menemukan Kawah Putih. Dahulu terdapat sebuah tambang sulfur di kawasan kawah tersebut meskipun sekarang hasil tambang tersebut telah berhenti. Pabrik sulfur yang dikenal dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih pertama dibangun dekat dengan kawah pada masa pendudukan belanda di pulau Jawa. pabrik tersebut kemudian diambil alih saat Perang Dunia Kedua oleh militer Jepang dan dijalankan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey. Di sekitar kawasan kawah dapat ditemukan beberapa sisa-sisa titik untuk memasuki terowongan ke tambang.

Kemudian setelah lebih dari satu abad sesudah Franz Wilhelm Junghuhn pertama kali menemukan kawah tersebut, di tahun 1991 badan kehutanan milik negara Indonesia, Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten memulai untuk mengembangkan tempat ini sebagai sebuah destinasi wisata.

Kawah ini dikelilingi oleh hutan yang sangat lebat, di mana untuk mengunjungi kawasan kawah tersebut pengunjung harus melewati jalan setapak. Ketika sudah dekat dengan kawasan kawah, pengunjung dapat mencium bau belerang yang sangat kuat karena memang banyak uap dan gas belerang yang dihasilkan oleh kawah tersebut.

Ada juga jalan yang mengelilingi kawah dan bisa digunakan untuk menuju ke puncak dari Gunung Patuha. Para pengunjung dapat berjalan berkeliling kawah atau duduk-duduk di tempat yang telah disediakan. Sejumlah fasilitas dasar juga bisa ditemui di kawasan kawah. Di sana ada banyak tempat untuk parkir dan juga toilet umum. Selain itu terdapat pula beberapa tempat yang menjual pernak-pernik dan makanan.

Galeri Foto Kawah Putih

Hotel dekat Kawah Putih