Candi Tikus
  • 6 Hotel dekat Candi Tikus

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Surabaya, Indonesia (SUB)
Penerbangan Ke Malang, Indonesia (MLG)
Penerbangan Ke banyuwangi, Indonesia (BWX)
Penerbangan Ke Jember, Indonesia (JBB)
Penerbangan Ke Sumenep, Indonesia (SUP)

Candi Tikus

Alamat : Jl. Raya Trowulan-Jatirejo, Temon, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362

Liburan ke Mojokerto dan memesan hotel dekat Candi Tikus menjadi pilihan tepat untuk para pecinta sejarah. Menyewa kamar di hotel dekat Candi Tikus akan memungkinkan Anda mengakses banyak tempat wisata bersejarah di Trowulan, Mojokerto. Trowulan memang dahulu menjadi pusat berdirinya Kerajaan Majapahit, sehingga banyak wisatawan yang tertarik memesan hotel dekat Candi Tikus, sekaligus membuktikan sendiri bukti kejayaan Majapahit di Pulau Jawa. 

Bagi para pecinta sejarah, Candi Tikus di Trowulan, Mojokerto ini memang menjadi salah satu pilihan tempat wisata terbaik saat liburan. Candi Tikus yang menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Majapahit ini terletak tidak jauh dari Candi Bajang Ratu. Candi Tikus adalah sebuah candi unik yang dibangun dari batu bata merah. Konon kabarnya, candi yang terletak lebih rendah dari permukaan tanah ini menyimpan mitos tersendiri yang dipercaya oleh warga lokal setempat.

Keberadaan Candi Tikus mulai diselimuti misteri ketika beredar cerita di kalangan masyarakat. Alkisah, seorang petani di Trowulan mengalami banyak kerugian besar akibat serangan hama tikus. Melalui petunjuk mimpi, petani tersebut akhirnya dibimbing oleh suara magis untuk memanfaatkan air yang didulang dari petirtaan di Candi Tikus. Akhirnya, hama tikus yang menyerang sawah sang petani berhasil diusir karena air dari Candi Tikus dipercaya bertuah dan menyimpan kesaktian tersendiri.

Terlepas dari cerita tentang Candi Tikus yang beredar di masyarakat, dari segi bangunan, Candi Tikus ini memang sangat menarik dan unik. Bangunan Candi Tikus berukuran 29,5 x 28,25 meter. Letaknya juga 3,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah. Yang membuat Candi Tikus berbeda dari candi-candi lainnya, candi ini secara keseluruhan merupakan sebuah petirtaan kuno khas Zaman Majapahit.

Beberapa sumber sejarah menyebutkan bahwa Candi Tikus diperkirakan dibangun sejak abad ke-13 Masehi. Saat Majapahit masih berdiri, candi tikus dijadikan sebagai kolam tempat penyelenggaraan berbagai macam upacara sakral kerajaan. Petirtaan Candi Tikus dikelilingi tiga susun undakan dengan bentuk yang khas. Candi ini juga memiliki beberapa pancuran berbentuk bunga padma alias bunga teratai. Pancuran di Candi Tikus terbuat dari batu andesit yang masih utuh dan dapat dilihat oleh pengunjung hingga saat ini.

Tidak sulit bagi Anda untuk bisa berkunjung ke Candi Tikus. Candi yang terletak di Jalan Raya Trowulan ini hanya berjarak sekitar 22 menit perjalanan dari Terminal Kertajaya Mojokerto. Anda bisa menjadikan Candi Tikus sebagai tempat wisata pilihan untuk mengisi liburan. Sangat mudah untuk menemukan hotel dekat Candi Tikus, mengingat Mojokerto telah menjadi salah satu kota persinggahan sekaligus kota wisata di Jawa Timur. Hotel dekat Candi Tikus ini bisa dipilih sesuai dengan bujet liburan Anda. Jika Anda menginginkan liburan yang nyaman di sekitar Trowulan untuk melihat beragam bukti kejayaan Majapahit, Anda bisa memesan hotel dekat Candi Tikus.

Jadi, segera pesan hotel dekat Candi Tikus di tiket.com. Sebagai pionir online travel agent di Indonesia, tiket.com bisa membantu Anda menemukan hotel  yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau. 

Ayo pesan hotel di tiket.com sekarang juga!

Galeri Foto Candi Tikus

Hotel dekat Candi Tikus