Goa Akbar
  • 2 Hotel dekat Goa Akbar

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Surabaya, Indonesia (SUB)
Penerbangan Ke Malang, Indonesia (MLG)
Penerbangan Ke banyuwangi, Indonesia (BWX)
Penerbangan Ke Jember, Indonesia (JBB)
Penerbangan Ke Sumenep, Indonesia (SUP)

Goa Akbar

Alamat : Indonesia , Jawa Timur, Tuban, Semanding, Gedongombo

Kategori

Gua Akbar memiliki nilai religius. Diceritakan bahwa Sunan Bonang melihat gua ini saat diajak oleh Sunan Kalijogo yang saat itu masih bernama Raden Mas Sahid. Beberapa tempat di Gua Akbar dipercaya sebagai tempat Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang pernah bertapa. Seperti ceruk yang diberi nama Pasepen Koro Sinandhi, yaitu tempat pintu yang dirahasiakan. Ceruk ini sangat kecil pintunya. Untuk masuk ke dalamnya, orang dewasa harus merangkak atau sekurangnya membungkuk. Oleh masyarakat sekitar dipercaya prosesi membungkuk ini memiliki makna filosofis yang tinggi, yakni pengunjung diingatkan bahwa di depan mata Allah semua harus merendahkan diri.

Pada sisi lain dari dalam gua terdapat sebuah ruangan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melakukan ibadah sholat. Bagian ini memiliki lantai dasar gua yang telah dilapis keramik warna putih dan hitam sebagai penanda barisan sholat. Beberapa pengunjung tampak meluangkan waktu untuk sholat sejenak di tempat ini.

Sejak direnovasi pada tahun 1996, Gua Akbar semakin menarik untuk dikunjungi. Jalur jalan didalam gua terbuat dari paving block dengan pembatas pagar besi (sebagian diantaranya telah di krom) pada bagian sisinya tampak memberi kesan bersih dan rapi.

Jika anda berkunjung ke Kota Tuban, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata Gua Akbar. Penataan yang apik dan bersih menjadikan objek wisata ini layak dijadikan objek wisata andalan Kabupaten Tuban.

Galeri Foto Goa Akbar

Hotel dekat Goa Akbar