Desa Tepal
  • 0 Hotel dekat Desa Tepal

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bima, Indonesia (BMU)
Penerbangan Ke Lombok, Mataram, Indonesia (LOP)
Penerbangan Ke Sumbawa, Indonesia (SWQ)

Desa Tepal

Alamat : Indonesia , 84361, Nusa Tenggara Barat, Sumbawa, Batulanteh, Tepal

Desa Tepal terletak di kecamatan Batu Lanteh tepatnya di punggung Gunung Batu Lanteh yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Sumbawa, jarak dari ibukota Kabupaten sekitar 60 km kearah Selatan Kabupaten Sumbawa. Untuk menuju ke tempat ini hanya ada satu cara yaitu dengan naik kendaraan jenis hardtroop/hardtop dari daerah Sering. Memang hanya kendaraan jenis ini saja yang mampu menaklukan medan yang sangat ekstrem menuju Tepal. Desa tepal merupakan desa yang sangat unik khas Sumbawa mempunyai hawa sejuk karena terletak dikawasan pegunungan batu Lanteh sangat beda kalau kita bandingkan suhu dan suasananya dengan desa-desa yang terletak di wilayah kabupaten Sumbawa bagian utara. Masyarakat desa ini tetap teguh memegang tradisi yang turun temurun dari pendahulunya. Mulai dari upacara adat pernikahan, bentuk rumah dan cara berpakaian.

Seperti halnya desa-desa lainnya yang ada dipuncak Gunung Batu Lanteh, yaitu Tangkam Pulit, Batu Rotok dan Bao Desa untuk menuju ke desa-desa tersebut harus menggunakan kuda sebagai alat transportasi. Dalam perjalanan berkuda melewati jalan setapak di sela rerimbunan pohon yang lebat yang merupakan ciri hutan tropis Sumbawa hampir kita tidak pernah merasakan terik matahari dan yang lebih mengasyikkan lagi kita dapat menikmati perjalanan lewat tepi jurang yang terjal pada jalan mendaki dan menurun.

Sejumlah sungai yang yang mengalir dari punggung Gunung Batu Lanteh yang masih alami dan sangat jernih dan kicauan burung berbagai jenis maupun pepohonan berumur sangat tua merupakan pemandangan yang akan kita jumpai. Ketika kita dalam perjalanan ke Tepal Kita juga bisa melihat kebun kopi milik masyarakat beberapa desa yang ada dipegunungan Batu Lanteh yang merupakan sumber utama ekonomi penduduk. Maka tidak jarang dalam perjalanan kesana kita akan bertemu dengan masyarakat yang akan datang ke kota memikul kopi dan kulit kayu manis dengan kuda yang sarat dengan aneka hasil hutan seperti kemiri, madu, dan tali rotan.

 

Galeri Foto Desa Tepal

Hotel dekat Desa Tepal