Benteng Indra Patra
  • 10 Hotel dekat Benteng Indra Patra

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Banda Aceh, Indonesia (BTJ)
Penerbangan Ke LHOKSEUMAWE, Indonesia (LSW)
Penerbangan Ke Meulaboh, Indonesia (MEQ)
Penerbangan Ke Sinabang, Indonesia (SMG)
Penerbangan Ke Sabang, Indonesia (SBG)
Penerbangan Ke Takengon, Indonesia (TXE)

Benteng Indra Patra

Alamat : Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam, Aceh Besar, Krueng Barona Jaya

Benteng Indra Patra yang terletak di kawasan Krueng Raya, Aceh, kurang lebih 19 kilometer arah timur Banda Aceh--kian ramai dikunjungi wisatawan. Benteng peninggalan Hindu yang dibangun Sultan Iskandar Muda itu memiliki keunikan pada arsitektur bangunannya. Benteng itu juga menjadi saksi hadirnya kebudayaan selain Islam di Serambi Mekah.

Dari jejak arsitektur yang ada, Benteng Indra Patra diperkirakan dibangun pada abad ke tujuh oleh Kerajaan Lamuri. Pada awalnya, ada tiga bagian besar di benteng tersebut dan yang paling luas berukuran 70 x 70 meter dengan tinggi dinding tiga meter lebih. Sayangnya, seiring dengan perjalanan waktu, jumlah benteng itu kini hanya tersisa dua.

Bagian lain benteng adalah tempat pertahanan yang langsung menghadap ke Selat Malaka, sehingga terlihat strategis. Sedangkan di sisi lain, ada sebuah ruangan yang sangat kokoh berukuran 35 x 35 meter dan tinggi 4 meter. Bahkan, untuk mencapai ke bagian dalam benteng harus dilakukan dengan memanjat dinding. Kini Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional Aceh terus merenovasi benteng tersebut.

Galeri Foto Benteng Indra Patra

Hotel dekat Benteng Indra Patra