Perpustakaan Kuno Tanoh Abee
  • 0 Hotel dekat Perpustakaan Kuno Tanoh Abee

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Banda Aceh, Indonesia (BTJ)
Penerbangan Ke LHOKSEUMAWE, Indonesia (LSW)
Penerbangan Ke Meulaboh, Indonesia (MEQ)
Penerbangan Ke Sinabang, Indonesia (SMG)
Penerbangan Ke Sabang, Indonesia (SBG)
Penerbangan Ke Takengon, Indonesia (TXE)

Perpustakaan Kuno Tanoh Abee

Alamat : Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam, Aceh Besar, Seulimeum

Perpustakaan ini merupakan tempat penyimpanan buku-buku dan catatan peninggalan ulama-ulama Aceh zaman dahulu, yang ditulis dalam bahasa Arab. Judul buku yang telah ditulis ini sebanyak 3.000 sampai dengan 4000 judul, yang kesemuanya itu ditulis tangan, yaitu ilmu pengetahuan tentang Islam, Sejarah dan kebudayaan Aceh dari abad 16 hingga 19 M. Perpustakaan Tanoh Abee terletak di dalam kompleks Pesantren Tanoh Abee yang didirikan oleh keluarga Fairus yang mencapai klimaks kejayaannya pada masa pimpinan Syekh Abdul Wahab yang terkenal dengan sebutan Teungku Chik Tanoh Abee.
Beliau meninggal pada tahun 1894 dan dimakamkan di Tanoh Abee. Pengumpulan naskah Dayah Tanoh Abee telah dimulai sejak Syekh Abdul Rahim, kakek dari Syekh Abdul Wahab. Naskah yang terakhir ditulis pada masa Syekh Muhammad Sa’id, anak Syekh Abdul Wahab yang meninggal dunia pada tahun 1901 di Banda Aceh, dalam tahanan Belanda. Perpustakaan ini banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Lokasi perpustakaan ini adalah di Desa Tanoh Abee, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Jarak tempuh sekitar 42 km dari Kota Banda Aceh.
Adapun cara anda menuju lokasi adalah menggunakan mobil pribadi ataupun sepeda motor, karena tidak ada angkutan umum untuk menuju objek wisata ini.

Galeri Foto Perpustakaan Kuno Tanoh Abee

Hotel dekat Perpustakaan Kuno Tanoh Abee