MAKAM RAJA HAJI FISABILLILLAH
  • 8 Hotel dekat MAKAM RAJA HAJI FISABILLILLAH

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Pekanbaru, Indonesia (PKU)
Penerbangan Ke Dumai, Indonesia (DUM)
Penerbangan Ke LETUNG, Indonesia (LMU)
Penerbangan Ke RENGAT, Indonesia (RGT)

MAKAM RAJA HAJI FISABILLILLAH

Alamat : Indonesia , 29114, Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Tanjung Pinang Timur, Penyengat

Kategori

Di Pulau Penyengat Indera Sakti, Kepulauan Riau, terdapat sebuah makam seorang tokoh yang sangat termasyhur tidak hanya di wilayah Riau saja, melainkan juga hampir di seluruh penjuru Nusantara, yakni Makam Raja Ali Haji. Bahkan Pulau tempat makam tersebut bernaung, Penyengat, selalu dikait-kaitkan dengan nama besar sang pujangga besar Nusantara tersebut. Oleh masyarakat Melayu, khususnya di semenanjung Malaka, nama ini dianggap sebagai pahlawan besar yang layak diagungkan dan dimonumenkan.

Raja Haji wafat pada 18 juni 1784 dikenal sebagai Marhum Teluk Ketapang. Oleh Belanda, Raja Haji dikenal juga sebagai Raja Api. Dan oleh Pemerintah Indonesia Raja Haji Fisabilillah dianugrahi menjadi pahlawan nasional. Disebelah komplek makam Raja Haji Fisabilillah juga terdapat makam Habib Syech, ulama terkenal semasa kerajaan Riau.

Mengunjungi Pulau Penyengat sungguh dapat membawa alam imajinasi wisatawan pada kebesaran Kerajaan Riau-Lingga di masa lalu. Bayangkan saja, di pulau yang hanya memiliki lebar sekitar satu kilometer dan panjang sekitar dua sampai tiga kilometer ini, terdapat puluhan situs bersejarah peninggalan sultan, entah itu berbentuk istana, gedung mahkamah, tempat mandi, gedung tabib, masjid, ataupun makam-termasuk di dalamnya Makam Raja Ali Haji sendiri. Beragam situs bersejarah yang menyebar di pulau ini seolah terangkai dalam satu kontinum yang menggambarkan kebesaran sejarah kerajaan Malayu Riau.

Galeri Foto MAKAM RAJA HAJI FISABILLILLAH

Hotel dekat MAKAM RAJA HAJI FISABILLILLAH