Benteng Rotterdam
  • 72 Hotel dekat Benteng Rotterdam

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke UjungPandang, (UPG)
Penerbangan Ke selayar, Indonesia (YKR)
Penerbangan Ke Palopo, Indonesia (LLO)
Penerbangan Ke selayar, Indonesia (KSR)

Benteng Rotterdam

Alamat : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171

Makassar adalah kota terbesar yang ada di bagian timur Indonesia, dan juga merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di kota ini ada bermacam-macam, dan salah satu yang menarik adalah peninggalan bersejarah. Benteng Rotterdam adalah tempat yang bisa dikunjungi jika kamu ingin mengetahui sejarah singkat mengenai kota Makassar.

Benteng Rotterdam atau yang juga dikenal dengan nama Benteng Ujung Pandang merupakan sebuah peninggalan dari abad ke-17 yang ada di kota Makassar, pulau Sulawesi, Indonesia. Benteng yang menghadap ke arah pelabuhan ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di kota Makassar.

Benteng Rotterdam dibangun oleh bangsa Belanda di sekitar tahun 1667. Akan tetapi sekitar satu abad sebelum benteng ini dibentuk, tahun 1545, di tempat tersebut terdapat struktur pertahanan yang dibuat dari bahan-bahan sederhana oleh Raja Tunipalannga. Kemudian laksamana Belanda bernama Cornelis Speelman menyetujui adanya benteng tersebut pada tahun 1667 dan mengganti namanya dengan kota asal kelahirannya, yakni Rotterdam. Tak lama setelah itu, benteng tersebut dibangun kembali dengan ketinggian 6 meter dan dinding setebal 2 meter. Di dalamnya terdapat perumahan Belanda dan juga sebuah gereja. Kemudian benteng tersebut menjadi pusat dari kekuatan kolonial Belanda yang ada di pulau Sulawesi.

Hingga tahun 1937, Benteng Rotterdam mulai mengubah fungsinya untuk kebutuhan lain. Kemudian pada tahun 1970-an, benteng ini direstorasi dan diubah namanya menjadi Benteng Ujung Pandang yang hingga saat ini menjadi salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda paling terkenal yang ada di Indonesia.

Benteng Rotterdam terdiri dari lima buah menara. Empat menara terletak di setiap sudut dan satu lagi ada di gerbang utama. Di dalam benteng ini terdapat 13 buah bangunan, 11 di antaranya dibangun oleh bangsa Belanda, dan 2 sisanya dibangun oleh Jepang. Bangunan tertua yang ada di Benteng Rotterdam dibangun pada tahun 1686 dan disebut dengan Rumah Speelman. Bangunan tersebut dibangun setelah laksamana menyetujui benteng ini, akan tetapi ia tidak pernah tinggal di dalamnya. Rumah tersebut digunakan oleh pemerintah Belanda hingga pertengahan abad ke-19. Saat ini, rumah tersebut digunakan sebagai museum. Selain itu terdapat juga beberapa struktur lain yang pada waktu itu digunakan untuk tempat beristirahat para petugas, penjara, dan juga gudang. Salah satu pemimpin dari perang Jawa yang terjadi di tahun 1825 hingga 1830, pahlawan Indonesia Pangeran Diponegoro, pernah dipenjara di Benteng Rotterdam selama 26 tahun hingga beliau meninggal di tahun 1855.

Benteng Rotterdam bisa dikunjungi setiap hari mulai dari jam delapan pagi hingga jam enam petang. Meskipun tidak ada ketentuan resmi yang menyebutkan berapa harga tiket masuknya, akan tetapi pengunjung diminta untuk berdonasi. Museum di dalam sini hanya dibuka pada hari Selasa hingga Minggu mulai dari jam 8:00 sampai jam 12:30.

Terletak tepat di tengah kota Makassar, akses menuju ke Benteng Rotterdam sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan transportasi umum, pete-pete, atau juga taxi yang ada di sana untuk menuju ke Benteng Rotterdam.

Galeri Foto Benteng Rotterdam

Hotel dekat Benteng Rotterdam