Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Malang

Tentang Malang

Mencari tempat wisata di Malang? Kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya ini memang menawarkan banyak keunikan yang tiada duanya. Sebagai salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat di area Jawa Timur dan sekitarnya, kini Kota Malang, Kabupaten Malang, dan salah satu daerah terdekatnya yaitu Kota Batu, menjelma menjadi daerah ramah turis dengan berbagai tempat wisata, hotel, dan fasilitas publik yang memadai. Sobat tiket, sebagai salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi tujuan wisata favorit, kota Malang juga memiliki fasilitas bandara dan stasiun kereta antar kota. Kamu bisa beli tiket pesawat ke Malang di tiket.com dan mendarat di Bandara Abdurrahman Saleh, atau pesan tiket kereta ke Malang dari kota asalmu untuk bisa jalan-jalan di kota yang juga berjuluk Kota Bunga ini. Daerah Malang berlokasi di sebelah timur Gunung Kawi. Kekayaan wisata Malang terletak pada keragaman budaya dan pemandangan alamnya yang indah. Dahulu, daerah ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Singasari, sehingga kamu juga bisa menemukan jejak sejarah yang mengagumkan di kota ini. Malang juga terkenal memiliki beragam kuliner lezat, diantaranya adalah bakso Malang, rawon, dan pecel Malang yang lezat dan gurih. Kota Malang yang hijau dengan udaranya yang sejuk, tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan penuh kesan dengan keluarga atau teman-temanmu. Banyak tempat wisata di Malang terbaik untuk kamu tuju. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Malang di tiket.com, untuk menikmati beragam atraksi, event, dan daya tarik wisata lainnya di kota yang satu ini. Dengan Tiket to Do dari tiket.com, kamu bisa memilih beragam atraksi atau event favorit untuk menghabiskan liburan kamu di kota Malang yang mengagumkan.
Menampilkan 137 Produk

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang

Malang adalah salah satu kota wisata favorit di Jawa Timur. Selain karena udaranya yang sejuk, ada banyak tempat wisata alam yang mudah dijangkau dari Malang. Kota ini juga memiliki sejumlah tempat wisata modern yang cocok untuk berkumpul, bermain bersama, dan berfoto-foto.

Bicara soal jalan-jalan ke Jawa Timur belum lengkap rasanya kalau tidak membahas Malang. Kota ini sering sekali dijadikan destinasi wisata utama saat jalan-jalan di Jawa atau bahkan Indonesia. Ada segudang alasan untuk memilih Malang. Di sini, tempat wisata alamnya yang terkenal benar-benar tak terbatas! Mulai dari Gunung Bromo yang ternama, Air Terjun Tumpak Sewu yang menyegarkan, hingga Sungai Bango yang cocok untuk arung jeram. Belum lagi area Batu yang penuh dengan berbagai tempat wisata yang asyik, seperti Jatim Park 1, 2, 3, Batu Night Spectacular, dan Batu Secret Zoo.

Malang juga punya banyak tempat wisata kuliner dengan masakan-masakan lokal yang tentunya tak ingin kamu lewatkan, termasuk bakso Malang yang lezat dan juga Toko Oen (toko es krim).

Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung, Malang dilengkapi dengan banyak fasilitas memadai. Mulai dari akomodasi budget hingga yang mewah, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Transportasi umum juga lengkap dan terjangkau. Sewa mobil dan taksi online pun tersedia dalam jumlah banyak.

Nah, supaya rencana perjalananmu makin mantap, cek dulu daftar tempat wisata menarik di Malang, yuk!

1. Gunung Bromo

Bromo adalah salah satu gunung yang terkenal di Indonesia. Secara geografis, gunung ini memang letaknya tidak sepenuhnya di Malang, namun banyak wisatawan yang memilih untuk melakukan perjalanan ke gunung ini dari Kota Surabaya (pesan private trip Surabaya Bromo di tiket.com) atau Malang. Ada banyak paket trip Bromo yang menyediakan fasilitas lengkap dari pusat kota sampai ke kaki gunung supaya kamu tidak perlu ribet-ribet lagi. Setibanya di sana, kamu bisa menikmati udara dingin yang menyegarkan sambil berfoto-foto dengan latar belakang yang luar biasa, atau menunggang kuda (dengan arahan pemandu, tentunya).

2. Kampung Warna-Warni Jodipan

Seperti namanya, kampung ini merupakan salah satu kampung warna-warni yang ada di Indonesia. Tembok dan atap rumah-rumah yang ada di sini telah dicat dengan warna terang dan warna-warni sehingga memberikan keindahan dan keunikan tersendiri. Meski dari jauh saja sudah terlihat keindahannya, kamu sebaiknya tetap masuk ke dalam tempat wisata di Malang ini dan mengeksplorasinya.

3. Kampung Biru Arema

Mengikuti jejak kesuksesan Kampung Jodipan, kini hadir juga Kampung Biru Arema, tepat di seberang Kampung Jodipan. Sesuai namanya, kampung yang satu ini telah dicat tembok dan atapnya dengan warna biru secara keseluruhan. Meski begitu, tetap ada lukisan warna-warna lain di temboknya. Kamu juga akan banyak menemukan logo klub sepak bola asal Malang, Arema. Jangan sampai lupa bawa kameramu ke tempat instagramable ini ya!

4. Jatim Park 1, 2, dan 3

Dalam hal destinasi wisata anak dan wisata keluarga, Jatim Park 1, 2, dan 3 wajib masuk ke daftar objek wisata di Malang yang wajib dikunjungi! Jatim Park 1 berisi wahana-wahana permainan yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Jatim Park 2 juga memiliki wahana permainan, tapi ditambah lagi dengan Batu Secret Zoo, Museum Satwa, serta hotel berbentuk pohon raksasa, Pohon Inn. Sedangkan Jatim Park 3, yang terbaru, mengusung tema zaman dinosaurus dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto-foto dengan replikasi makhluk purba ini.

5. Kusuma Waterpark

Kusuma Waterpark terletak di daerah Batu jadi bisa sekaligus kamu kunjungi saat jalan-jalan di daerah ini. Ada berbagai wahana permainan untuk anak-anak yang menyenangkan dan aman. Selain itu, ada juga tempat makan dan fasilitas outbond, loh!

6. Museum Brawijaya

Museum sejarah yang satu ini menyimpan segudang koleksi barang-barang bersejarah dari zaman kolonial Belanda. Di antaranya ada tank yang digunakan pada peristiwa 10 November 1945.

7. Lumbung Stroberi Batu

Seperti namanya, tempat ini merupakan taman stroberi di mana kamu bisa memetiknya langsung. Stroberi yang sudah kamu petik nantinya bisa kamu bawa pulang dengan biaya tambahan. Jadi, daripada membeli di toko suvenir, sekalian saja petik sendiri!

8. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular adalah outdoor theme park yang memiliki banyak wahana untuk segala usia, mulai dari yang santai hingga yang memacu adrenalin. Beberapa yang paling terkenal adalah Sepeda Udara, Flying Swinger, dan Gravitron. Sesuai namanya, tempat ini buka dari sore hingga tengah malam. Selain bermain, kamu juga bisa jalan-jalan di Lampion Garden, sebuah taman dengan lampion-lampion dengan bentuk yang unik, misalnya mobil, balon udara, dan lain-lain. Ada juga Night Market untuk kamu yang ingin jajan camilan dan suvenir.

9. Rafting Sungai Bango

Ingin mencoba aktivits yang lebih menantang dan cocok untuk rombongan? Coba arung jeram di Sungai Bango! Lokasi dan aliran airnya bahkan termasuk aman dan cocok untuk kamu yang masih pemula, jadi tidak perlu khawatir! Perlengkapan yang dibutuhkan serta keamanannya pun sudah dipastikan. Kamu dan rombonganmu bisa berpacu bersama dan menikmati momen yang menyenangkan serta menyegarkan di sini!

10. Selecta

Selecta adalah sebuah taman bunga yang luas dengan kecantikan bunga warna-warni. Kamu bisa berfoto-foto sampai puas di lokasi yang cantik ini. Selain itu, ada juga beberapa wahanan permainan sederhana untuk segala usia.

11. Omah Kayu

Omah Kayu adalah sebuah rumah kayu yang terletak di atas bukit dan menawarkan pemandangan alam yang cantik. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan pohon-pohon hijau serta sejumlah pemukiman warga dari ketinggian.

12. Kawasan Kusuma Agrowisata

Selain menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk di sini, kamu bisa juga petik apel langsung dari pohonnya. Karena Malang memang terkenal akan apelnya, kamu bisa langsung memetik sendiri apel yang kamu mau untuk oleh-oleh.

13. Toko Oen

Untuk wisata kuliner, terutama soal dessert, kamu bisa ke Toko Oen yang legendaris. Toko es krim ini telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dan kelezatannya tidak pernah berubah. Ada berbagai menu es krim klasik, seperti banana split, yang bisa kamu pesan di sini. Desain interior dan eksterior tempat ini pun masih sangat klasik.

14. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark adalah waterpark terbesar dan pertama di Kota Malang. Sesuai namanya, konsep desain tempat ini adalah menyerupai Hawaii. Saat ini, ada total 10 wahana yang kamu dan keluarga bisa coba. Mulai dari yang menantang dan menyenangkan, hingga yang santai.

15. Museum Tubuh

Seperti namanya, museum yang juga sering disebut The Bagong Adventure ini adalah museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia. Namun, jangan membayangkan tempat yang membosankan atau sudah mainstream, ya! Karena, di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai jenis organ tubuh ukuran raksasa dan telah dibuat sedemikian rupa agar para pengunjung bisa dengan mudah mempelajarinya dan tanpa perlu merasa jijik.

16. Air Terjun Sumber Pitu

Air terjun yang satu ini terkenal karena ada 7 aliran air terjun sekaligus di satu tempat. Selain itu, pohon-pohon serta tanaman yang mengelilinginya juga menambah kecantikan alam tempat ini.

17. Pemandian Air Panas Cangar

Malang memang terkenal akan udaranya yang dingin. Oleh karena itu, tidak sedikit warga lokal maupun turis yang ingin menghangatkan diri di pemandian air panas ini. Selain menyegarkan dan menghangatkan, tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

18. Pemandian Kalireco

Pemandian dengan sumber mata air alami ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari kesegaran. Airnya yang bersih dan alami serta pemandangan rindang di sekelilingnya dijamin ampuh dalam membantumu melepas penat.

19. Alun-Alun Malang

Alun-alun Kota Malang ini merupakan ruang terbuka yang sangat luas dengan fasilitas yang lengkap untuk semua anggota keluarga. Si kecil bisa bermain perosotan dan wahana lainnya di area bermain anak. Kamu dan pasangan bisa jalan-jalan santai di area terbuka yang hijau dan rindang.

20. Masjid Agung Malang

Tepat di seberang Alun-Alun Malang, kamu akan menemukan Masjid Agung Malang. Bangunan yang menggunakan desain gaya Jawa dan Arab ini merupakan salah satu wisata religi utama di Malang. Untuk kamu yang non-Muslim atau tidak akan beribadah di masjid ini, kamu bisa berfoto-foto (dengan sopan dan tidak mengganggu, ya!) di depannya.

21. Air Terjun Tumpak Sewu

Terletak di antara dua kabupaten, yaitu Lumajang dan Malang, air terjun ini merupakan salah satu yang paling terkenal di seluruh Indonesia. Dari atas lembah, air terjun ini tingginya sekitar 50 sampai 70 meter. Pohon-pohon rimbun yang mengelilinginya pun menambah kecantikan tempat ini. Pasti sudah terbayang kemegahannya, kan? Sedikit tips, kamu bisa juga berangkat dari Kabupaten Lumajang untuk mencapai tempat ini.

22. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa wisata ini memiliki banyak tempat makan yang menawarkan kuliner lokal yang lezat. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang keren dan indah di area ini. Karena berlokasi di dataran tinggi, hawanya juga sejuk di sini.

23. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu lokasi wisata alam yang terkenal di kalangan turis domestik maupun internasional. Hal ini karena pemandangan dan lokasinya yang sering dibilang mirip dengan pantai di Bali. Kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar pantai sambil menyegarkan diri dengan percikan air laut dari ombak yang datang.

24. Pantai Ngliyep

Meskipun terletak agak jauh dari pusat kota, perjalananmu akan sepadan begitu kamu tiba di sini. Pasir putih dan laut birunya masih bersih, menawarkan pemandangan alam yang tiada duanya. Kamu dan rombonganmu bisa menikmati momen santai sambil berfoto-foto di sini.

25. Alun-Alun Batu

Alun-alun yang ada di Kota Batu ini merupakan salah satu ruang publik favorit wisatawan. Di siang hari, kamu bisa jalan-jalan di area terbuka yang rindang atau duduk-duduk santai sambil mengobrol dan menyantap camilan. Di malam hari, lampu-lampu di taman akan menyala, termasuk lampu di bianglala cantik yang ada di taman ini.

26. Florawisata San Terra de Lafonte

Berkunjung ke Florawisata San Terra de Lafonte, kamu pasti merasa seperti sedang jalan-jalan ke luar negeri, ke banyak negara dalam sekali jalan malahan. Taman ini dipenuhi ratusan bunga-bunga cantik yang warna-warni dan replika berbagai bangunan ikonik dari banyak negara, seperti Korea Selatan, Jepang, Belanda, dan lain-lain.

27. Museum Angkut

Terletak di area Batu, museum ini, seperti namanya, adalah museum yang memamerkan berbagai macam angkutan dari seluruh dunia, terutama mobil-mobil klasik. Tempat ini jadi salah satu spot instagramable favorit turis karena desain interiornya serta pameran mobil-mobilnya yang keren serta terlihat mewah.

28. Boon Pring Malang

Yang mengerti Bahasa Jawa, mungkin sudah bisa menebak soal tempat ini. Ya, ‘pring’ dalam Bahasa Jawa berarti ‘bambu’, sedangkan kata ‘boon’ dalam Bahasa Inggris adalah ‘anugerah’. Tempat ini adalah taman ekowisata yang dipenuhi bambu-bambu cantik sehingga sering dijadikan lokasi foto. Jika kamu tidak hobi berfoto-foto, kamu bisa sekedar jalan-jalan santai ditemani pemandangan yang hijau dan rindang.

29. Kebun Teh Wonosari

Terletak di sekitar Kota Malang, tempat ini sering dijadikan area piknik untuk short weekend getaway. Layaknya kebun teh yang asri, tempat ini menawarkan udara sejuk disertai pemandangan yang rindang. Selain itu, ada juga area berkemah, outbond, kolam air panas, dan banyak lagi.

30. Pura Luhur Giri Arjuno

Pura ini merupakan pura dan juga tempat ibadah umat Hindu. Aristekturnya megah dan indah. Lokasinya juga strategis karena dikelilingi perkebunan apel dan udara yang sejuk. Meskipun kamu tidak akan beribadah, kamu tetap bisa berkunjung asal mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup, ya.

31. Batu Love Garden

Batu Love Garden adalah sebuah taman bunga outdoor di Malang yang menampilkan lebih dari 600 jenis bunga. Bunga dan tanaman-tanaman lainnya disusun dan didesain sedemikian rupa agar terlihat megah dan cantik sejauh mata memandang. Ada yang disusun dengan bentuk gerbang hati hingga burung merak. Tentunya tempat ini bisa jadi spot foto yang sempurna untukmu!

32. Batu Offroad Adventure

Dengan banyaknya tempat wisata alam yang menarik di Malang, salah satu cara terbaik untuk mengeksplorasinya adalah dengan naik mobil offroad. Ada banyak paket tur dengan rute berbeda-beda, mengajakmu mampir ke banyak tempat wisata alam seperti air terjun dan hutan yang terkenal menggunakan mobil offroad ini. Perjalananmu tentu juga akan lebih menyenangkan dan memacu adrenalin!

Wisata Malang

Saat jalan-jalan di Malang, kamu bisa menghabiskan waktu hingga satu minggu. Selalu ada tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan eksplorasi bersama! Baik kamu hanya jalan-jalan di akhir pekan atau selama libur panjang, kamu tetap bisa menikmati Malang sepuasnya! Mulai dari tempat wisata alam, museum, tempat wisata keluarga, taman bermain, hingga waterpark, ada semuanya di sini! Biaya wisata di sini juga tergolong terjangkau karena tersedia berbagai macam pilihan penginapan, transportasi, makanan, dan toko oleh-oleh.

Yuk, siapkan rencana wisatamu bersama kami sekarang!