Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Melbourne

Tentang Melbourne

Melbourne sering disebut sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia. Beberapa alasannya adalah karena kota ini memiliki layanan kesehatan, infrastruktur, dan sistem pendidikan yang keren. Kota terbesar kedua di Australia ini sangat beragam. Menariknya, ada banyak orang Italia, Cina, dan Vietnam yang tinggal di sana. Oleh karena itu, ada banyak resto dengan menu-menu yang memadukan beberapa negara lainnya. Kamu bisa mencoba beberapa brunch yang lezat di Melbourne seperti pizza margherita, hotcakes ricotta, dan burger, sambil menyeruput kopi terbaik kota ini. Masih lapar? Kunjungi pasar terbuka seperti Queen Victoria Market yang menjual sayuran segar, buah-buahan dan bunga berkualitas. Yang lebih menarik adalah kamu dapat menemukan harta karun tersembunyi di pasar seperti pernak-pernik vintage dan berbagai jenis souvenir lainnya di sini. Untuk sobat tiket yang menyukai seni, mengunjungi Melbourne adalah suatu keharusan. Karena Melbourne memiliki banyak galeri seni yang indah. Seperti Galeri Nasional Victoria, The Arts Centre, dan Recital Centre. Kamu bisa menikmati teater, tarian, dan musik kelas dunia di kota ini. Selain galeri seni, kota ini juga memiliki banyak acara festival yang sangat menghibur. Misalnya, jika kamu suka sastra, kamu bisa pergi ke Melbourne Writers Festival. Jika kamu suka musik, datanglah ke Melbourne International Jazz Festival. Ada berbagai festival menarik lainnya di kota ini seperti Festival Komedi, Festival Moomba dan Festival Film Internasional Melbourne. Kamu bisa menikmati berbagai keseruan di Melbourne dan memesan tiket ke berbagai atraksi dan acara melalui tiket.com! Ayo kunjungi tempat wisata di Melbourne bersama orang yang kamu cintai dan dapatkan momen berkesan bersama mereka di sana. Selamat berlibur, sobat tiket!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Melbourne

Melbourne punya cukup banyak tempat wisata modern, alam, dan terutama tempat wisata keluarga yang menarik perhatian turis dari seluruh dunia. Bahkan, kota ini juga merupakan salah satu kota wisata paling populer bagi penduduk Australia sendiri. Mulai dari belanja, cruise, kuliner, hingga aktivitas outdoor, ada semua di sini!

1. Sea Life Melbourne Aquarium

Sea Life Melbourne Aquarium adalah salah satu lokasi wisata keluarga yang paling sempurna. Kamu bisa mengajak si kecil belajar tentang biota laut dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Mulai dari Oceanarium yang menampung berbagai macam hewan laut hingga touch pool yang interaktif dan juga feeding show terjadwal.

2. Yarra River Cruises

Ingin keliling Melbourne dengan cara yang berbeda? Pesan cruise di Yarra River! Ada banyak penyedia feri untuk membawamu berkeliling ke berbagai spot terbaik di Melbourne. Pilihan rutenya pun bervariasi, mulai dari pelabuhan dan Docklands, Melbourne Heights, hingga tur senja selama musim panas.

3. Queen Victoria Market

Kalau kamu ingin belanja barang-barang lokal dengan harga terjangkau dan pilihan toko yang lengkap, kamu bisa ke Queen Victoria Market! Pasar terbuka ini adalah yang terbesar di seluruh Melbourne dengan toko-toko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari bahan makanan segar, baju, tanaman, sepatu, gadget, hingga perhiasan.

4. Eureka Tower Skydeck

Kalau sudah berwisata ke Melbourne yang terkenal karena kecantikan kotanya, kamu tentu tidak boleh melewatkan objek wisata di Melbourne yang satu ini! Di dalam menara setinggi 88 lantai ini, ada area bernama The Edge yang terbuat dari kaca transparan. Kamu bisa masuk ke area tersebut untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian yang sempurna!

5. Luna Park Melbourne

Terletak di St. Kilda, Luna Park di Melbourne adalah salah satu tempat wisata anak yang wajib dikunjungi! Ada berbagai macam wahana menyenangkan, termasuk roller coaster raksasa yang tak boleh kamu lewatkan! Telah berdiri sejak 1912, tempat wisata di Melbourne ini tidak pernah gagal memberikan momen wisata yang menyenangkan dan tak terlupakan untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

6. St. Paul's Cathedral

Katedral ini adalah salah satu bangunan paling ikonik di Melbourne. Selain merupakan salah satu tempat ibadah utama di kota ini, bangunannya juga menarik perhatian berbagai kalangan turis. Salah satu yang mungkin kamu langsung sadari adalah warnanya yang berbeda, yaitu kuning-cokelat. Hal ini karena bangunan ini memang terbuat dair batu gamping dan pasir.

7. Enchanted Adventure Maze Garden

Sesuai namanya, tempat ini adalah taman labirin yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga! Ada labirin indoor dan outdoor yang sama-sama asyik. Ada juga toko suvenir dan camilan yang pasti menarik perhatian si kecil. Paket lengkap untuk liburan singkat bersama keluarga!

8. Scienceworks Museum

Jika kamu ingin mengajak anak-anak ke tempat wisata yang edukatif namun tidak membosankan, kamu bisa memilih Scienceworks Museum di Spotswood. Ada berbagai macam pameran ilmiah yang interaktif dan unik sehingga membantu si kecil belajar secara menyenangkan. Ada juga Planetarium yang khusus membahas tentang astronomi dan tata surya.

9. Phillip Island

Phillip Island adalah salah satu destinasi wisata untuk short weekend getaway favorit turis lokal maupun mancanegara. Daya tarik utamanya adalah The Pengiun Parade, namun tempat wisatanya tidak hanya itu saja. Kamu juga bisa ke Phillip Island Wildlife Park, the Grand Prix Circuit, atau mencoba cruise di area pantai dan naik helikopter.

10. Yarra Valley Dairy

Kamu pecinta keju? Berarti kamu wajib ke Yarra Valley Dairy untuk mencoba keju-keju terbaik! Di sini, kamu bisa mencoba keju asli buatan tangan dari farmhouse yang terkenal. Kamu juga bisa mencoba goat cheese bersama dengan biskuit dan es krim mascarpone yang lezat. Jangan lupa bawa produk-produk keju lainnya pulang sebagai oleh-oleh, ya!

11. Lygon Street

Lygon Street sebenarnya adalah lokasi tempat tinggal generasi imigran Italia pertama pada tahun 1850an. Kini, area tersebut dipenuhi berbagai restoran Italia yang kelezatannya tak boleh kamu lewatkan. Banyak tempat makan ini menyediakan meja makan di tengah area pejalan kaki, menawarkan suasana yang santai dan kasual untuk nongkrong.

12. Shrine of Remembrance

The Shrine of Remembrance awalnya dibangun sebagai memorial untuk para pejuang dari Victoria yang kehilangan nyawanya dalam The Great War. Kini, bangunan ini menjadi sebuah memorial untuk semua warga Australia yang bertugas dalam semua perang. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata sejarah ini untuk memberi hormat serta mengagumi nilai sejarah dan arsitekturnya.

13. Cooper's Settlement Children's Farm

Cooper's Settlement Children's Farm adalah destinasi wisata anak yang edukatif dan interaktif, terutama untuk anak-anak yang tertarik akan hewan ternak. Tempat ini merupakan rumah bagi anak domba, sapi, kuda poni, dan hewan ternak lainnya. Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan jinak ini secara aman.

14. Hedgend Maze

Coba wisata yang menyenangkan dan unik bersama keluarga di Hedgend Maze! Sesuai namanya, daya tarik utama di tempat ini adalah Giant Maze of hedges. Kamu dan keluarga bisa bersama-sama mencoba cari jalan keluar dari labirin raksasa ini. Selain itu, ada juga golf mini, dam raksasa, labirin tanaman asli, dan menara pengintai di sini.

15. Crown Melbourne

Crown Melbourne adalah sebuah kasino dan juga resor yang terletak di tepi selatan Yarra River. Untuk kamu yang sudah cukup umur dan ingin mencoba peruntunganmu di tempat yang mewah, Crown Melbourne adalah destinasi yang tepat! Namun, jika kamu belum cukup umur, bukan berarti tidak ada kegiatan lain untukmu. Di kompleks sekitarnya, ada banyak restoran, kafe, toko, dan bioskop yang bisa kamu kunjungi. Kamu bahkan bisa menyantap camilan lokal sambil menikmati pemandangan sungai.

16. Chapel Street

Chapel Street adalah salah satu pusat hiburan ternama di Melbourne. Di sini, kamu bisa menemukan toko fesyen, restoran, pasar dan pusat perbelanjaan, hingga bowling club pertama di Australia, yaitu Melbourne Bowling Club.

17. Port Melbourne

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan, Port Melbourne adalah salah satu lokasi yang paling tepat di kota ini. Ada jembatan untuk pejalan kaki yang menawarkan pemandangan laut dan pantai yang indah. Di hari yang cerah, banyak warga lokal maupun wisatawan yang jalan-jalan santai di sini, menikmati hembusan angin segar dan langit biru sambil menyeruput segelas kopi. Pemandangannya juga tak kalah keren saat senja.

18. Melbourne Gardens

Melbourne Gardens adalah kebun raya tertua yang ada di Melbourne. Meski begitu, tempat ini jauh dari kesan kuno. Ada kurang lebih 8.500 spesies tanaman di taman berukuran 36 acre ini. Lanskap dan desainnya menarik sehingga kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan dan udara segar di sini.

19. Puffing Billy

Puffing Billy adalah sebuah kereta api uap yang setiap hari beroperasi untuk membawa pengunjung melalui pegunungan dari Belgrave ke Gembrook. Sepanjang jalan, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang cantik. Setelah itu, kamu bisa turun di Lakeside Station untuk piknik bersama keluarga atau naik perahu kayuh di Emerald Lake. Kamu bisa juga melanjutkan aktivitas dengan mengeskplorasi Kota Gembrook.

20. Mornington Peninsula

Area ini terletak kurang lebih satu jam berkendara dari pusat kota. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan laut yang indah, memancing, sewa perahu untuk berlayar, atau bahkan scuba diving.

21. The Melbourne Museum

Museum yang satu ini memamerkan berbagai koleksi seni dan juga tekstil dari berbagai belahan dunia. Mulai dari karya seni dari Mesir hingga Tiongkok. Museum ini juga terbagi menjadi beberapa area dengan tema yang berlainan, seperti sebuah amfiteater, galeri untuk anak-anak, discovery centre, toko suvenir, dan kafe.

22. Great Ocean Road

Great Ocean Road adalah sebuah jalur sepanjang 243 kilometer dari Torquay sampai Allansford. Untuk kamu yang ingin berkendara dan menikmati pemandangan sepanjang jalan bersama orang-orang tersayang, lokasi ini sangat cocok untukmu! Mulai dari pemandangan pantai hingga melihat satwa liar.

23. Warratina Lavender Farm

Warratina Lavender Farm adalah sebuah kebun bunga lavender yang masing-masing tanamannya sudah ditanam dengan rapi berbaris sehingga terlihat teratur dan cantik. Aromanya lavendernya yang kuat bahkan sudah bisa kamu cium dari jauh. Selain menikmati pemandangan dan berelaksasi, kamu juga bisa bersantai di Lavender Cottage Tea House.

24. Cooks' Cottage

Kapten James Cook adalah orang Eropa pertama yang tiba atau melakukan kontak dengan area garis pantai timur Australia. Pondok Cook sendiri sebenarnya dibangun oleh orang tua sang kapten di Inggris. Bangunan tersebut akhirnya didekonstruksi dan batu batanya dikirimkan ke Australia bersama dengan beberapa tanaman ivy. Kemudian, menggunakan batu bata yang sama, pondok ini dibangun kembali di Taman Fitzroy di Melbourne.

25. Grampians National Park

Taman nasional ini cocok untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak dari kebisingan kota sambil mencoba aktivitas outdoor yang menyenangkan, seperti mendaki, memancing, panjat tebing, hingga trekking. Pemandangan dan udara sejuknya pun tidak perlu dipertanyakan lagi.

26. Sovereign Hill, Ballarat

Sovereign Hill kurang lebih adalah sebuah ‘museum hidup’ yang mengenang dan menggambarkan era Gold Rush di Melbourne. Era ini sendiri adalah sebuah masa di mana tambang emas di Melbourne sangat jaya dan sukses hingga menarik perhatian banyak penambang emas dari negara lain. Di tempat ini, kamu tidak hanya belajar sejarah tapi juga bisa menambang emas, meski tentu saja ukurannya sangat jauh lebih kecil dibandingkan yang dulu ditambang.

27. The Immigration Museum

Sesuai dengan namanya, museum ini berisi berbagai macam koleksi dan pameran mengenai sejarah imigrasi di Australia. Selain itu, ada juga berbagai program edukasi dan kunjungan untuk murid sekolah mengenai imigrasi dan keberagaman di negara ini.

28. St. Patrick's Cathedral

St. Patrick’s Cathedral adalah salah saut katedral utama di Kota Melbourne, sekaligus yang tertinggi di seluruh Australia. Yang kedua adalah St. Paul Cathedral yang sama-sama berada di Melbourne. Dari luar saja, tempat ibadah ini sudah menarik mata dengan arsitekturnya yang megah dan vintage.

29. Chinatown

Chinatown di Melbourne berawal dari era Gold Rush di kota ini yang menarik perhatian banyak pencari emas dari negara-negara lain, termasuk dari Tiongkok. Kini, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata budaya modern yang digemari turis. Kamu bisa menemukan restoran, museum, hingga pasar dan pusat perbelanjaan di sini. Fasilitas, jalan, serta area pejalan kakinya juga sudah memadai.

30. Melbourne Zoo

Tidak perlu bingung lagi jika kamu sedang mencari destinasi wisata keluarga yang menyenangkan. Langsung saja ke Melbourne Zoo! Kebun binatang ini menjadi rumah bagi berbagai macam spesies, seperti kanguru pohon, gajah, beruang cokelat, macan tutul salju, dan banyak lagi.